Share

Dorong Perkembangan UMKM, Gubernur DKI Jakarta Kunjungi Kopi Es Tak Kie

Carlos Roy Fajarta, · Selasa 16 Maret 2021 07:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 16 338 2378408 dorong-perkembangan-umkm-gubernur-dki-jakarta-kunjungi-kopi-es-tak-kie-YFEIVquzcS.jpg Gubernur DKI Anies Baswedan saat mengunjungi Kopi Es Tak Kie.(Foto:MNC)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mulai rutin melakukan kunjungan ke sejumlah usaha pedagang UMKM (Usaha Kecil Mikro Menengah), dalam rangka mendorong perkembangan UMKM.

Upaya membangkitkan sektor UMKM dilakukan setelah sempat terpuruk, karena pandemi virus Corona (Covid-19) yang sudah setahun terakhir melanda Indonesia.

Pada Senin (15/3/2021) Anies mengunjungi Gudeg Jogja Bu Tinah di dekat Stasiun Gondangdia Cikini, Jakarta Pusat. Selain itu, ke Warung Kopi Parahyangan di Cilandak Jakarta Selatan, dan yang terbaru Anies mengunjungi kedai Kopi Es Tak Kie di Glodok, Jakarta Barat.

Baca Juga: Tinjau Pembangunan Kampung Akuarium, Anies : Progres Sudah 35%

Dalam akun media sosial Instagram @aniesbaswedan, orang nomor satu di DKI Jakarta tersebut menceritakan kisahnya mencoba kopi legendaris yang juga dahulu didatangi berbagai tokoh pemimpin lainnya seperti Presiden RI Joko Widodo dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

Berikut ini, kutipan dari postingan akun media sosial Instagram Anies Baswedan saat berkunjung ke Kopi Es Tak Kie Glodok.

Baca Juga: KPK Buka Peluang Panggil Anies Terkait Kasus Korupsi Lahan Rumah DP 0 Rupiah

Sesudah mengunjungi Masjid Luar Batang dan Kampung Akuarium saat Subuh tadi, ingin mencari kopi sebelum ke Balaikota. Mencari yang dekat dan sudah buka pagi-pagi, teringat satu kedai kopi legendaris di daerah Glodok: Kopi Es Tak Kie.

Berawal dari sebuah warung tenda pinggir jalan (1927), lalu pindah ke sebuah rumah di Gang Gloria, Pancoran Glodok sejak 1940-an sampai sekarang, Kopi Tak Kie mempertahankan racikannya. Kedai kopi Tak Kie saat ini diurus oleh generasi ketiganya.

Sesuai arti namanya: Tak (orang yang sederhana) - Kie (tempat yang selalu diingat orang), menu kedai ini pun itu-itu saja, kopi hitam, kopi susu dan telur rebus. Pagi tadi saya mencoba kopi susunya. Rasanya memang mantap :)

Pagi tadi jadi tambah mengesankan karena duduk ngopi ditemani Bu Aline dan Pak Ameng yang merupakan generasi ketiga. Menceritakan secara detail kisah perjalanan kedai kopi ini.

Uniknya Kedai Kopi Tak Kie sengaja tidak menyajikan makanan dan mengizinkan pengunjungnya memesan makanan dari berbagai gerobak makanan sepanjang Gang Gloria. Ini adalah usaha mereka untuk berbagi rezeki dengan pedagang makanan lain di luar kedainya.

Kedai Kopi Tak Kie buka dari jam 6.30 pagi sampai jam 2 siang saja. Jika teman-teman ingin ke sana silakan naik Transjakarta atau KRL turun di Stasiun Kota, dari sana berjalan kaki 15 menit untuk mencapai kedai ini. Oh ya, di warkop yang ini tidak ada yang mengira saya mirip Anies Baswedan.

Follow Berita Okezone di Google News

(saz)

1
1
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini