Soal Vaksin Covid-19 Keluarga Anggota DPRD DKI, Ombudsman: Ini Sudah Ngaco!

Komaruddin Bagja, Sindonews · Selasa 16 Maret 2021 21:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 16 338 2378917 soal-vaksin-covid-19-keluarga-anggota-dprd-dki-ombudsman-ini-sudah-ngaco-FShfxTLNiP.jpg Gedung DPRD DKI Jakarta (Foto : Sindonews)

JAKARTA - Permintaan vaksinasi Covid-19 kepada keluarga anggota DPRD DKI menuai reaksi negatif. Hal itu lantaran, vaksin tersebut lebih diutamakan anggota dewan sebagai pelayan publik, bukan untuk keluarganya.

Kepala Ombudsman Perwakilan Jakarta Raya, Teguh Nugroho, mengatakan pemberian vaksin tersebut sudah keliru dan tidak tepat sasaran.

"Ini sudah ngaco banget DPRD. Bilang saja, ombudsman bilang DPRD ngaco kalau minta anggota keluarganya minta divaksin," ketus Teguh saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (16/3/2021).

Menurutnya, permintaan vaksin Covid-19 itu melanggar petunjuk teknis (juknis) yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes). "Jadi itu sudah mengambil jatah orang yang berhak. Harus punya rasa malu lah anggota dewan," ucapnya.

Teguh pun tambah geram mengatahui bahwa hari ini, sudah berlangsung vaksinasi bagi istri/suami anggota DPRD. Sudah jelas, kata dia, kalau istri/ suami merupakan orang biasa pada umumnya dan bukan pelayan publik. Ini berarti sudah melakukan mal administrasi.

"Nanti kami akan panggil dinkesnya kalau kayak gitu kan sudah jelas. Harusnya tidak boleh. Istri itu bukan pelayan publik," ungkapnya.

Baca Juga : Tak Terima Ditegur, Pemilik Kafe Todongkan Pistol dan Ancam Membunuh Warga

Kalau mau keluarga divaksin, lanjut dia, Kemenkes perlu merubah juknis yang diperuntukan bagi masyarakat umum yang sifatnya terbuka dan tidak perlu ada tahapan-tahapan.

"Semua orang divaksin aja, enggak usah ada kategorisasi," tutupnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini