Hari Ini, Sidang Putusan Pra Peradilan Habib Rizieq

Ari Sandita Murti, Sindonews · Rabu 17 Maret 2021 10:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 17 338 2379113 hari-ini-sidang-putusan-pra-peradilan-habib-rizieq-9wsHIZ7GJ9.jpg Habib Rizieq Shihab (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan bakal menggelar sidang praperadilan yang diajukan tersangka kasus kerumunan Habib Rizieq Shihab pada Rabu (17/3/2021). Sidang kali ini menentukan apakah praperadilan tersebut diputuskan ataukah digugurkan.

Pengacara Rizieq, Alamsyah Hanafiah mengatakan, sidang pokok kasus yang menjerat kliennya itu memang sudah digelar di PN Jakarta Timur kemarin. Sesuai KUHAP, gugatan praperadilan itu bisa saja dinyatakan gugur saat sidang pokok perkaranya itu dimulai.

Baca juga:  Sidang Habib Rizieq Ditunda Gegara Teknis, Ini Tanggapan Pakar Hukum Pidana

Namun, dia tetap meyakini praperadilan kliennya itu belum tentu gugur meski sidang pokoknya telah digelar.

"Karena untuk (menggugurkan, termohon harus) membuktikan bahwa (sidang pokok) itu sudah disidang dengan bukti tertulis (dalam sidang pra peradilan). Lalu, yang menentukan gugur tidaknya itu hakim di persidangan," ujarnya pada wartawan, Rabu (17/3/2021).

Baca juga:  Tagar #IBHRSHarusBebas Iringi Ditundanya Sidang Perdana Habib Rizieq

Menurutnya, dia tetap meyakini kalau sidang praperadilan Habib Rizieq ini tetap digelar dengan agenda pembacaan putusan sebagaimana yang disampaikan hakim kemarin. Dia juga optimis bisa memenangkan praperadilan tersebut.

"Kami sangat optimis karena penangkapan dan penahanan Habib Rizieq itu tidak sah," pungkasnya.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini