Praperadilan Penangkapan Habib Rizieq Dinyatakan Gugur karena Sidang Pokok Sudah Dimulai

Ari Sandita Murti, Sindonews · Rabu 17 Maret 2021 13:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 17 338 2379244 praperadilan-penangkapan-habib-rizieq-dinyatakan-gugur-karena-sidang-pokok-sudah-dimulai-rVov4d99MR.jpg Sidang praperadilan Habib Rizieq (foto: Sindonews/Ari Sandita)

JAKARTA - Hakim tunggal Suharno, yang memimpin jalannya sidang praperadilan sah tidaknya penangkapan dan penahanan Habib Rizieq Shihab pada Rabu (17/3/2021) ini menyatakan, gugatan praperadilan itu gugur, lantaran sidang pokok perkaranya telah digelar di PN Jaktim kemarin.

"Berdasarkan KUHAP, hakim berpendapat bahwa permohonan praperadilan yang diajukan pemohon dinyatakan gugur," ujar Suharno di persidangan, Rabu (17/3/2021).

 Baca juga: Memanas, Polisi dan Pengacara Habib Rizieq Berdebat di Pengadilan

Hakim berpendapat, ada sejumlah poin pertimbangan mengapa gugatan praperadilan itu dinyatakan gugur. Salah satunya, sidang pokok perkara itu telah dimulai, yang mana sesuai Pasal 82 Ayat (1) huruf d KUHAP gugatan praperadilan dinyatakan gugur secara hukum saat sidang pokok perkaranya telah digelar.

Maka itu, gugatan praperadilan sah tidaknya penangkapan dan penahanan Habib Rizieq itu tak bisa dikatakan ditolak ataupun diterima oleh hakim. Alhasil, kasus hukum yang saat ini tengah dijalani oleh Habib Rizieq pun tetap berlanjut, yang mana kasusnya itu sudah disidangkan di PN Jakarta Timur kemarin.

Baca juga:  Polisi Kerahkan 300 Personel Amankan Sidang Praperadilan Habib Rizieq

Sekedar diketahui, gugatan pra peradilan Habib Rizieq diajukan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada Rabu 3 Februari 2021 lalu dengan nomor 11/Pid.Pra/2021/PN.Jkt.Sel. Gugatan itu diajukan karena kubu Habib Rizieq menganggap penangkapan dan penahanannya itu tidak sah mengingat surat perintah penangkapan dan penahanannya didasarkan pada dua surat perintah penyidikan.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini