1.800 Pedagang di Kota Bogor Jalani Vaksinasi Covid-19

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Kamis 18 Maret 2021 12:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 18 338 2379818 1-800-pedagang-di-kota-bogor-jalani-vaksinasi-covid-19-1l4YjpAE6d.jpg Pedagang pasar di Kota Bogor menjalani vaksinasi Covid-19. (Foto : Okezone/Putra Ramadhani Astyawan)

BOGOR - Sebanyak 1.800 pedagang dari berbagai pasar mulai mengikuti vaksinasi Covid-19 di area parkir Pasar Kebon Kembang Blok F, Kota Bogor, Kamis (18/3/2021). Diharapkan, program vaksinasi untuk pedagang ini bisa segera memulihkan kondisi di sektor ekonomi.

Berdasarkan pantauan MNC Portal Indonesia, vaksinasi perdana bagi pedagang di Kota Bogor ini dimulai sejak pagi tadi. Mereka sangat antusias mengikuti vaksinasi terlihat dari banyaknya pedagang yang hadir.

Untuk prosesnya sendiri, sama seperti vaksinasi covid-19 umumnya yakni mereka harus melakukan validasi data terlebih dahulu. Kemudian, pedagang diarahkan menuju meja registrasi dan melajalani proses skrining sebelum disuntik vaksin covid-19.

Di tempat ini, vakinasi bagi wanita berhijab dibedakan di ruangan yang tertutup. Setelah disuntik, pedagang diharuskan menunggu 30 menit untuk observasi dan ketika tidak ada gejala diperbolehkan pulang.

"Di pandemi ini yang paling sulit di sektor ekonomi. Jadi kami ingin sektor ekonomi ini kembali pulih kembali beraktivitas normal makanya salah satu prioritasnya pedagang," kata Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto, di lokasi, Kamis (18/3/2021).

Baca Juga : Fatwa MUI Bolehkan Vaksinasi Covid-19 saat Ramadan, Simak Alasannya

Bima mengatakan, untuk hari ini ada sekitar 1.800 pedagang dari 12 pasar di Kota Bogor menjalani vaksinasi perdana. Sedangkan, ada lebih dari 10.000 pedagang yang menjadi sasaran penerima vaksin.

"Kita percepat semua (vaksinasi) target kita minimal 7.000 perhari, sekarang baru 3.500 per hari. Jadi dari mulai lansia, pedagang, pendidik, ASN yang belum kita akselerasikan. Saya juga minta percepatan vaksin di tempat lain, mingu depan siap di mall," jelas Bima.

Sementara itu, salah satu pedagang dari Pasar Cumpok Hadi mengaku bersyukur bisa mendapatkan program vaksinasi covid-19. Ia berharap, dengan sudah adanya vaksin ini pandemi Covid-19 segera berakhit karena sangat memberatkan para pedagang.

Baca Juga : Satgas : Angka Kematian Dokter dan Nakes Turun Drastis Setelah Vaksinasi

"Mudah-mudahan tahun depan sudah bebas (pandemi), pusing saya. Dampak ekonominya parah banget, ya mungkin gak cuma pedagang aja, semua mungkin merasakan pengaruh ini," ucap Hadi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini