Langkah Pemkab Bogor Pulihkan Ekonomi Akibat Pandemi Covid-19

Haryudi, Koran SI · Senin 22 Maret 2021 17:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 22 338 2382114 langkah-pemkab-bogor-pulihkan-ekonomi-akibat-pandemi-covid-19-vEw3cx8GTr.jpg Ilustrasi (Foto : Shutterstock)

BOGOR - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor Burhanudin menyampaikan sejumlah rencana program kegiatan pemulihan ekonomi Kabupaten Bogor tahun 2021 akibat pandemi Covid-19, dengan cara kolaborasi oleh Perangkat Daerah (PD) Lingkup Kabupaten Bogor, Kodim 0621 dan Kementerian Pertahanan (Kemenhan) RI melalui Program Padat Karya.

Hal itu disampaikan Sekda Kabupaten Bogor saat mengikuti Video Conference dengan Pasis Dikreg LX Seskoad TA 2021, dalam Rangka KKL Studi Wilhan Pasis Dikreg LX Seskoad TA 2021 di Ruang Vicon Pemda, Senin (22/3/2021.

Burhanudin mengatakan, upaya pemulihan ekonomi di Kabupaten Bogor akibat pandemi Covid-19 akan fokus dilakukan di enam PD yakni, Dinas Koperasi UKM, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan, Dinas Perikanan dan Peternakan, Dinas Sosial, dan Dinas Ketahanan Pangan, juga berkolaborasi dengan Kodim 0621 melalui program TMMD, dan Kemenhan RI melalui Badan Cadangan Lahan Strategis (BCLS).

“Anggarannya sudah kita alokasikan dari APBD tahun 2021. Untuk Kodim 0621 bantuan kami berikan melalui dana hibah untuk mengoptimalkan program TMMD serta bantuan pemanfaatan lahan melalui program lahan percontohan dan pertanian dari Kemenhan RI," katanya.

Burhanudin menambahkan ada sekitar 1.000-3.000 hektar lahan di Kabupaten Bogor, itu semua dilakukan untuk menunjang dan mendukung kebutuhan dasar masyarakat Kabupaten Bogor dimasa Pandemi Covid-19 ini.

Burhanudin menambahkan, untuk pengawasan dan pengendalian kegiatan pemulihan ekonomi Kabupaten Bogor akan dilakukan oleh beberapa PD yakni, BPBD, Satpol PP dan Dishub Kabupaten Bogor.

“Mereka yang akan mengawal dan mengawasi kegiatan pemulihan ekonomi Kabupaten Bogor dan Nasional, agar program tersebut bisa berjalan dengan maksimal,” tambahnya.

Menurutnya konsep pemulihan ekonomi di Kabupaten Bogor dilakukan melalui program padat karya dengan melibatkan peran serta masyarakat dalam setiap kegiatan pembangunan daerah seperti membangun jalan desa, jembatan, drainase, bendungan, pengairan dan lainnya.

“Dengan padat karya masyarakat dituntut ikut serta dalam setiap kegiatan pembangunan. Padat karya ini memberikan banyak manfaat, selain infrastruktur terbangun mereka juga bisa mendapatkan dana sosial (uang), tentunya dapat membantu memulihkan ekonomi mereka akibat pandemi Covid-19,” jelasnya.

Menurut Burhanudin, kolaborasi dan kebersamaan jadi kunci keberhasilan Pemkab Bogor dalam menghadapi pandemi Covid-19 di Kabupaten Bogor mulai dari sosialisasi, penanganan yang terpapar Covid-19 hingga pemulihan ekonomi.

Baca Juga : Dipecat Puskesmas, Petugas Tracing Covid-19 yang Hamil 9 Bulan Mengadu ke Pemkot Medan

Kolaborasi dilakukan oleh Tim Satuan Tugas Covid-19 Kabupaten Bogor, PD Lingkup Kabupaten Bogor, TNI, Polri, MUI, Satgas Covid-19 tingkat Kecamatan hingga Desa/Kelurahan dan seluruh unsur Masyarakat Kabupaten Bogor.

“Alhamdulilah dengan kebersamaan kita bisa menangani pandemi Covid-19 cukup maksimal, baik yang terpapar maupun yang terkapar akibat Covid-19 di Kabupaten Bogor,” tutupnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini