Share

Terkesan Angker, Pemakaman Disulap Menjadi Taman Bermain dengan Berbagai Fasilitas

Iyung Rizki, iNews · Selasa 23 Maret 2021 09:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 23 338 2382439 terkesan-angker-pemakaman-disulap-menjadi-taman-bermain-dengan-berbagai-fasilitas-65Xj7nEdx1.jpg Warga mengubah pemakaman menjadi seperti taman bermain/Foto: Iyung Rizki-iNews

DEPOK - Warga Kampung Mampangan, Kemirimuka, Depok menyulap area Tempat Pemakaman Umum (TPU) Muara Benda layaknya taman bermain yang penuh warna. Aksi sosial masyarakat tersebut untuk menghilangkan kesan angker.

Sejak "disulap", area TPU ini menjadi tempat bermain anak hingga lokasi olahraga oleh warga sekitar. Apalagi, di area TPU terdapat sejumlah fasilitas layaknya taman bermain.

Andri Yudisprana, Ketua RW setempat mengatakan, perubahan area TPU merupakan hasil swadaya dan gotong royong warga sekitar. Kegiatan ini dilakukan lantaran ingin menghilangkan kesan angker dari TPU.

"Awalnya, kami ingin masyarakat merasa nyaman saat berziarah. Setelah berkembang, kami membuat tempat duduk untuk berinteraksi bagi penziarah dan warga sekitar," papar Andri, Selasa (23/3/2021).

Baca juga: Momen Haru Wisudawan Pasang Topi Toga di Makam sang Ayah

Andri menjelaskan, warga juga membangun lokasi olahraga. Sehingga, area makam ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar.

Makam

"Masyarakat membutuhkan area terbuka. Saat masa pandemi ini, orang butuh ruang terbuka hijau seperti untuk berjemur," ungkapnya.

Aksi sosial tersebut sudah dilakukan sejak tahun lalu dengan melakukan pemagaran, pengecatan, membuat tempat duduk. Seluruh anggaran berasal dari swadaya masyarakat.

"Tahun lalu, kami habiskan untuk tempat wudhu, tempat sholat, jalanan, pemagaran, dan toilet hampir Rp120 juta. Untuk tahun ini sudah menghabiskan anggaran Rp57 juta," ungkapnya.

Menurut Andri, warga juga berencana memasang Closed-circuit television (CCTV) di area makam. Kemudian tengah mencoba menjajaki kerjasama dengan provider untuk fasilitas wifi.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini