Polisi Minta Pesepeda Tidak Lintasi Jalur Cepat Sudirman

Carlos Roy Fajarta, · Rabu 24 Maret 2021 13:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 24 338 2383244 polisi-minta-pesepeda-tidak-lintasi-jalur-cepat-sudirman-cF1YX9ZszA.jpg Pesepeda yang melintas di jalur Sudirman (foto: MNC Portal/Carlos)

JAKARTA - Beberapa pesepeda yang melintas di jalan ibukota kerap melintas tidak pada jalurnya yang berada di bagian paling kiri bahu jalan, maupun jalur lambat jalan protokol di Jakarta.

Seperti yang dikutip dari akun Instagram TMC Polda Metro Jaya yang memberikan peringatan bagi para sepeda, agar melintas di jalur lambat Jalan Jenderal Sudirman pada Senin 22 Maret 2021 lalu.

"Undang Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan menyebutkan sepeda motor, kendaraan bermotor yang kecepatannya lebih rendah, mobil barang, dan kendaraan tidak bermotor berada pada lajur kiri jalan. Penggunaan lajur sebelah kanan hanya diperuntukkan bagi Kendaraan dengan kecepatan lebih tinggi, akan membelok kanan, mengubah arah, atau mendahului kendaraan lain," dikutip dari akun tersebut.

Baca juga:  Tak Tertib, Penjual Kopi "Starling" di Sudirman Ditegur Polisi

Ketik dikonfirmasi, Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Fahri Siregar menyebutkan bagi para pengguna sepeda agar mengikuti jalur sepeda yang sudah disiapkan.

"Jalur sepeda yang sudah disiapkan di Jalan Jenderal Sudirman ada yang dipasangi traffic cone di bagian paling kiri lajur jalan. Selain itu ada juga yang menggunakan cat hijau. Pesepeda diminta untuk mengikuti jalur yang ada," kata Fahri Siregar, Rabu (24/3/2021).

Baca juga:  3 Ribu Pesepeda Lintasi Sudirman-Thamrin saat Hari Kerja, 23 Ribu saat Weekend

Fahri Siregar menyebutkan, untuk simpang Semanggi Jalan Jenderal Sudirman para pesepeda dihimbau untuk melintas menggunakan jalur lambat sesuai dengan rambu dan marka jalan.

Pasalnya di jalur tersebut terdapat rambu yang menyebutkan larangan melintas sepeda motor dan kendaraan jenis lainnya selain mobil pada jam-jam tertentu.

Sedangkan untuk akses jalan yang tidak ada jalur khusus sepeda, Fahri meminta agar pesepeda tetap di lajur kiri dan dalam berpindah jalur untuk memperhatikan kendaraan bermotor disekitarnya.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini