Tilang Elektronik Kurangi Tingkat Pelanggaran Lalu Lintas hingga 50%

Carlos Roy Fajarta, · Rabu 24 Maret 2021 14:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 24 338 2383259 tilang-elektronik-kurangi-tingkat-pelanggaran-lalu-lintas-hingga-50-ZMlSLuuBTz.jpg Ilustrasi (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Kamera Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau tilang elektronik terbukti cukup efektif dalam mengurangi tingkat pelanggaran lalu lintas di Jakarta hingga 50%.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Fahri Siregar menyebutkan keberadaan ETLE berdampak langsung dalam mengurangi pelanggaran pengguna jalan khususnya pelanggaran yang dapat terpantau jelas oleh kamera ETLE.

Pelanggaran tersebut diantaranya yakni melanggar lampu lalulintas, tidak menggunakan helm atau sabuk keselamatan (mobil), berkendara di jalur bus Transjakarta, melawan arus, dan lain-lain.

"Penambahan kamera ETLE sudah kita lakukan evaluasi Ada beberapa ruas jalan yang sudah kita evaluasi, kita spesifik, itu semakin turun tingkat pelanggaran," ujar Fahri, ketika dikonfirmasi, Rabu (24/3/2021).

Fahri menyebutkan tingkat pelanggaran lalu lintas berkurang 40-50% pada ruas-ruas jalan tertentu.

"Kita evaluasi per titik. Tapi secara jumlah intensitas pelanggaran kasus ETLE memang mengalami peningkatan karena semakin ditambahkan jumlah kamera ETLE," lanjut Fahri Siregar.

Baca Juga : Pemprov DKI dan Dewan Pers Gelar Vaksinasi Covid-19 bagi Awak Media

Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di ibukota Jakarta saat ini yang sudah terpasang ada sejumlah 98 kamera tersebar di berbagai titik lokasi ruas jalan.

"Kami menghimbau masyarakat agar mematuhi peraturan lalu lintas bukan karena keberadaan kamera E-TLE saja tapi karena kesadaran diri sendiri akan pentingnya berlalu lintas secara aman, tertib dan lancar," tandas Fahri Siregar.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini