Berkat ETLE, Tingkat Pelanggaran Lalu Lintas Turun 40-50%

Carlos Roy Fajarta, · Rabu 24 Maret 2021 14:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 24 338 2383260 berkat-etle-tingkat-pelanggaran-lalu-lintas-turun-40-50-h3dUoadgkx.jpg Ilustrasi (Foto: Dokumentasi Okezone)

JAKARTA - Kamera-kamera Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) terbukti cukup efektif dalam mengurangi tingkat pelanggaran lalu lintas di ibukota Jakarta.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Fahri Siregar menyebutkan keberadaan E-TLE berdampak langsung dalam mengurangi pelanggaran pengguna jalan khususnya pelanggaran yang dapat terpantau jelas oleh kamera E-TLE.

Pelanggaran tersebut diantaranya yakni melanggar lampu lalulintas, tidak menggunakan helm atau sabuk keselamatan (mobil), berkendara di jalur bus Transjakarta, melawan arus, dll.

"Penambahan kamera E-TLE sudah kita lakukan evaluasi Ada beberapa ruas jalan yang sudah kita evaluasi, kita spesifik, itu semakin turun tingkat pelanggaran," ujar Fahri, ketika dikonfirmasi, Rabu (24/3/2021).

Fahri menyebutkan tingkat pelanggaran lalu lintas berkurang 40-50% pada ruas-ruas jalan tertentu.

"Kita evaluasi per titik. Tapi secara jumlah intensitas pelanggaran kasus ETLE memang mengalami peningkatan karena semakin ditambahkan jumlah kamera E-TLE," lanjut Fahri Siregar.

Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) di ibukota Jakarta saat ini yang sudah terpasang ada sejumlah 98 kamera tersebar di berbagai titik lokasi ruas jalan.

"Kami menghimbau masyarakat agar mematuhi peraturan lalu lintas bukan karena keberadaan kamera E-TLE saja tapi karena kesadaran diri sendiri akan pentingnya berlalu lintas secara aman, tertib dan lancar," tandas Fahri Siregar.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini