Digelar Offline, Sidang Habib Rizieq Akan Terapkan Protokol Kesehatan

Okto Rizki Alpino, Sindonews · Rabu 24 Maret 2021 14:53 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 24 338 2383291 dikabulkan-majelis-hakim-sidang-lanjutan-habib-rizieq-tak-lagi-disiarkan-online-vnsgVDDquy.jpg Habib Rizieq Shihab (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pengadilan Negeri Jakarta Timur secara resmi tak lagi menyiarkan sidang kasus karantina kesehatan yang menjerat Habib Rizieq Shihab (HRS). Hal itu setelah majelis hakim mengabulkan permohonan Habib Rizieq dan tim kuasa hukumnya untuk menggelar sidang offline.

Kepala Humas Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Alex Adam Faisal mengatakan, perkara nomor 221, 222, dan 226 yang dikabulkan majelis hakim tak lagi digelar online.

"Kalau disiarkan tidak lagi ya, makannya nanti media yang menyampaikan. Ada tempat untuk kalian (wartawan), mudah-mudahan nanti kami koordinasikan," kata Alex di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Rabu (24/3/2021).

Sidang lanjutan dilakukan secara tatap muka setelah ada jaminan dari terdakwa dan kuasa hukum untuk memenuhi protokol kesehatan di ruangan persidangan maupun luar persidangan.

Baca juga: Sidang Habib Rizieq Tatap Muka, JPU Minta Kuasa Hukum yang Hadir 6 Orang

"Jaminan mematuhi protokol kesehatan daripada terdakwa dan penasihat hukumnya, nanti dilihat apa jaminan tersebut bisa sesuai fakta yang mereka sampaikan," ujarnya.

Baca juga: Dikabulkan Hakim, Sidang Habib Rizieq Bakal Digelar Tatap Muka

Alex menegaskan, pengamanan jalannya sidang tatap muka yang akan berlangsung besok, Kamis 24 Maret 2021 telah diserahkan ke pihak Polres Metro Jakarta Timur.

"Kami koordinasikan dengan Polres Jakarta Timur mengenai ke depannya, di-backup oleh Polda Metro Jaya, oleh Mabes Polri, tergantung perkembangan, karena yang menentukan hasil intelijen mereka kan bagaimana nantinya," ucapnya.

Ditambahkan Alex, Pengadilan Negeri Jakarta Timur sendiri belum memastikan sidang perkara dugaan tindak pidana karantina kesehatan terkait Rizieq Shihab yang terdiri dari enam berkas perkara digelar offline seluruhnya.

Pasalnya, majelis hakim yang mengadili perkara nomor 224 dan 225 kasus swab test Habib Rizieq Shihab di RS UMMI Bogor yang diduga ditutupi atau dipalsukan dari pihak Gugus Tugas Penanganan Covid-19 berbeda.

(fkh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini