Jejak Udin si Penjambret Lansia, Beraksi Sejak 2016 Kini Berakhir di Jeruji Besi

Dimas Choirul, MNC Media · Rabu 24 Maret 2021 18:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 24 338 2383430 jejak-udin-si-penjambret-lansia-beraksi-sejak-2016-kini-berakhir-di-jeruji-besi-6KTQd7vS0w.jpg Penjambret ditangkap polisi. (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Petualangan Zainudin alias Udin, penjambret yang menyasar orang lanjut usia (lansia) di Jalan Harum Manis, Mangga Besar, Tamansari, Jakarta Barat, berakhir sudah. Ia diringkus polisi di Pasar Glodok, Jakarta Barat, Senin (22/3/2021) pagi.

Kanit Reskrim Polsek Metro Tamansari Polres Metro Jakarta Barat, AKP Lalu Mesti Ali mengatakan, Udin sudah jadi penjambret sejak 2016.

Baca juga: Gagal Menjambret Gegara Gadis Berhijab Melawan, Pelaku Batal Menikah

"Istri dan anak tahu (profesi sang ayah) dan memang sudah direncanakan. Karena sudah menjadi profesinya sejak tahun 2016," ungkap Lalu saat dikonfirmasi, Rabu (24/3/2021).

Dalam kasus ini, istri Udin yang bernama Faizah juga telah ditetapkan sebagai tersangka. Pasalnya, dia turut menjual atau menggadaikan barang curian.

Meski begitu, Lalu mengatakan, Faizah dalam perkara ini tidak ditahan. Dia hanya dikenakan wajib lapor lantaran tengah hamil lima bulan.

Baca juga: Kronologi Lansia Terseret saat Dijambret Pemotor Bawa Anak di Tamansari

"Betul, istrinya hamil 5 bulan. Karena lagi hamil jadi kami kenakan wajib lapor saja," ujarnya.

Lalu melanjutkan, anak Udin saat ini telah dititipkan kepada neneknya agar tidak diekploitasi dengan diajak ikut beraksi melakukan tindak pidana.

Seperti diberitakan sebelumnya, seorang lansia bernama Tan Siat Mie (63) menjadi korban penjambretan di Gang Harum Manis, Mangga Besar, Tamansari, Jakarta Barat. Kejadian itu terekam kamera CCTV sebuah rumah warga dan tersebar di media sosial. Adapun kejadian itu berlangsung pada Sabtu 13 Maret 2021 siang.

Akibat penjambretan itu, Tan kehilangan sejumlah barang. Di antaranya HP dan sejumlah uang. Korban juga terluka karena sempat terseret dan terjatuh.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini