Gubernur Anies Pastikan Pemprov DKI Respon Cepat Tangani Kebakaran Matraman

Riezky Maulana, iNews · Kamis 25 Maret 2021 15:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 25 338 2383912 gubernur-anies-pastikan-pemprov-dki-respon-cepat-tangani-kebakaran-matraman-0MfXUIUk7t.jpg Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di lokasi kebakaran Matraman (foto: MNC Portal)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan menyebut pihaknya langsung bergerak cepat untuk merespons kebakaran yang terjadi di kawasan Matraman, Jakarta Timur, Kamis (25/3/20221) dini hari.

Menurutnya, Pemprov DKI akan bertanggungjawab secara penuh memberikan pemulihan kepada seluruh korban kebakaran.

Baca juga:  10 Tewas Kebakaran di Matraman, Api Cepat Membesar karena Ada Motor yang Terbakar

Lebih lanjut, dia menuturkan, bantuan, baik untuk pengurusan jenazah yang meninggal, pemberian makanan, jaminan terhadap surat-surat penting yang terbakar, hingga tempat tinggal sementara akan diberikan kepada para korban kebakaran.

"Kita di Jakarta begitu ada kejadian langsung respon cepat, sekarang kita pastikan pengontrak yang terbakar memiliki tempat penampungan sementara, jumlahnya 10 orang. Mereka difasilitasi tinggal 21 hari ke depan untuk seluruh kebutuhannya. Seluruh dokumen-dokumen yang dibutuhkan akan diganti. Jadi seluruh kebutuhan mereka aman," kata Anies saat mengunjungi lokasi, Kamis (25/3/2021).

Baca juga:  Korban Kebakaran Matraman Sempat Teriak Histeris dari Dalam Rumah

Sebanyak 14 unit mobil pemadam kebakaran telah diturunkan oleh Pemprov DKI untuk memadamkan api. Kebakaran yang melanda empat petak rumah kontrakan tersebut turut menelan 10 orang meninggal dunia.

Meskipun si jago merah hanya melahap empat rumah, tetapi dampak yang dirasakan amatlah berat. Menurutnya, 10 korban yang jatuh dalam peristiwa tersebut merupakan yang terbanyak dalam beberapa waktu ke belakang.

"Peristiwa ini adalah musibah yang amat berat. Kita menyaksikan ada empat petak rumah terbakar, tapi yang meninggal 10 orang. Sebuah peristiwa yang luar biasa karena jiwanya mungkin yang terbanyak yang kita rasakan akhir-akhir ini,” ungkapnya.

 

Dalam kunjungannya, Gubernur Anies juga menyampaikan belasungkawa mendalam Nagi para korban dan menyempatkan diri untuk berinteraksi dengan para korban yang selamat. Lokasi kebakaran yang berada di pemukiman padat penduduk menjadi salah satu faktor penyebab jatuhnya banyak korban.

"Kebakaran ini relatif kecil karena hanya empat petak kecil namun dampaknya fatal akibat kebakarannya di gang kecil sehingga sulit evakuasi dan korban kesulitan untuk menyelamatkan diri," pungkasnya.

Sebelumnya, terjadi kebakaran di salah satu pemukiman padat di Jalan Pisangan Baru, Kecamatan Matraman, Jakarta Timur. Total penghuni dalam rumah hunian itu ada lima kepala keluarga dengan total 16 jiwa.

"Ada 6 orang yang selamat dan dievakuasi ke rumah kerabatnya, 10 orang meninggal dunia kata Agus Salim selaku ketua RW setempat.

Api baru bisa dipadamkan sekira pukul 05.50 WIB. Total kerugian ditaksir mencapai Rp800 juta. Adapun data korban tewas akibat kebakaran tersebur sebagai berikut:

Srimulyani (50), Deby (28), Ria (17), Dani (30), Nizan (1,5), Beni (42), Nova (40), Baeva (15), Fani (20), Ni Imam.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini