Pemkot Tangerang Izinkan Salat Tarawih Berjamaah saat Pandemi, Ini Syaratnya

Isty Maulidya, Okezone · Kamis 25 Maret 2021 16:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 25 338 2383968 pemkot-tangerang-izinkan-salat-tarawih-berjamaah-saat-pandemi-ini-syaratnya-pvI7mYJCf9.jpg Ilustrasi (Foto: Dokumentasi Okezone)

TANGERANG - Pemerintah Kota Tangerang tengah mempersiapkan aturan pelaksanaan ibadah di bulan suci Ramadan dalam masa pandemi Covid-19. Salah satu yang saat ini diperhatikan adalah perizinan menggelar salat tarawih berjamaah di masjid dan Musala.

Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah mengatakan bahwa ibadah tarawih pada bulan suci Ramadan mendatang diperbolehkan dengan menerapkan protokol kesehatan. Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) setempat juga harus membentuk Satgas Penanganan Covid-19 di tempat ibadah masing-masing.

"DKM Masjid dan musala harus mempunyai satgas Covid-19 yang mengatur proses seperti jaga jarak, menggunakan masker dan diharapkan untuk membaca ayat-ayat yang pendek," tegas Arief

Arief juga mengintruksikan kepada Lurah beserta Camat agar berkoordinasi dengan RW dan RT, DKM Masjid serta satgas Covid-19 yang berada di lingkungan agar dapat membuat aturan dalam beribadah pada Bulan Suci Ramadan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Kepada Camat dan Lurah silahkan persiapkan di wilayahnya, koordinasikan dan pastikan pelaksanaan ibadah melakukan protokol kesehatan dengan benar," ungkapnya.

Selain itu, aparat pemerintah setempat juga diminta untuk melakukan simulasi dan latihan sebelum salat tarawih mulai dilaksanakan. Hal ini dikarenakan adanya perbedaan tata cara salat berjamaah selama pandemi, seperti mengatur jarak antar jamaah.

"Lakukan simulasi dan latih agar pelaksanaan ibadah bisa aman dan nyaman," pungkas Arief.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini