Penjambret di Tamansari Sasar Lansia, Hasil Curian untuk Beli Narkoba

Dimas Choirul, MNC Media · Kamis 25 Maret 2021 18:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 25 338 2384049 penjambret-di-tamansari-sasar-lansia-hasil-curian-untuk-beli-narkoba-cyDTrIls1C.jpeg Udin ditangkap polisi. (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Tersangka MJ (35) yang menjambret seorang lansia bernama Tan Siat Mie (73), pada Sabtu (13/3/2021), diketahui positif mengonsumsi Narkotika saat ditangkap polisi. Selain MJ, polisi juga mengamankan F (31), istri MJ yang ikut beraksi.

"Kami cek urine (tersangka), hasilnya positif mengonsumsi sabu," kata  Kanit Reskrim Polsek Metro Tamansari, AKP Lalu Musti Ali dalam jumpa pers, Kamis (25/3/2021).

Menurut Lalu, pelaku yang disapa Udin itu menggunakan hasil menjambret untuk membeli narkoba. Kepada polisi, Udin mengaku membeli barang haram di kawasan Kebon Pisang, Jakarta Utara. 

Baca juga: Jejak Udin si Penjambret Lansia, Beraksi Sejak 2016 Kini Berakhir di Jeruji Besi

"Selain itu untuk kebutuhan sehari-hari, kemudian untuk bantu ibunya untuk renovasi rumah. Sehingga uang hasil kejahatannya itu digunakan untuk itu," ujar Lalu.

Sementara itu, Wakapolres Metro Jakarta Barat AKBP Bismo Teguh Prakoso mengatakan, berdasarkan hasil pemeriksaan, Udin selalu menyasar perempuan lanjut usia sebagai target. Hal itu dilakukan untuk meminimalisir perlawanan. 

Baca juga: Asyik Main Game Online, 4 Bocah Pondok Aren Diserang Jambret Bercelurit

"Dia selalu menyasar perempuan lansia yang pergi atau pulang dari pasar,” ujar Bismo.

"Maka, untuk lansia dibutuhkan pengamanan lebih. Diimbau di setiap kegiatan jangan sendiri, ke mana pun minimal pergi itu dua orang," kata Bismo.

Bismo mengatakan, pelaku selalu membawa istri dan anaknya yang berusia 12 tahun ketika beraksi. "Memang modusnya saat beraksi bawa sekeluarga biar enggak dicurigai, itu memang jadi profesinya," imbuhnya.

Seorang lansia bernama Tan Siat Mie (63) menjadi korban penjambretan di gang Harum Manis, Mangga Besar, Tamansari, Jakarta Barat. Kejadian itu terekam kamera CCTV sebuah rumah warga dan tersebar di media sosial. Adapun kejadian itu berlangsung pada Sabtu 13 Maret 2021 siang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini