Mobil Pelat RF Dilarang Pakai Sirene & Rotator

Carlos Roy Fajarta, · Jum'at 26 Maret 2021 15:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 26 338 2384543 mobil-pelat-rf-dilarang-pakai-sirene-rotator-nO79EyJsmn.jpg Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo. (Dok Okezone.com)

JAKARTA - Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo menegaskan, kendaraan dengan nomor pelat RF dilarang menggunakan sirene maupun rotator.

"Pelat RF bisa ditilang sama seperti plat hitam kendaraan lainnya. Kendaraan mobil dengan plat RF bukan termasuk kendaraan yang diberi hak untuk menggunakan sirine dan rotator," ujar Sambodo Purnomo Yogo, Jumat (26/3/2021).

Ia menjelaskan mobil dengan huruf awalan RF pada pelat kendaraannya tidak selalu merupakan mobil pejabat kepolisian ataupun pejabat pemerintah lainnya.

"Pelat RF juga bukan termasuk tujuh golongan yang mendapat hak prioritas jalan. Sehingga pelat RF jika melakukan pelanggaran bisa ditilang baik secara konvensional maupun menggunakan ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement)," tutur Sambodo.

Lebih lanjut Sambodo menjelaskan perihal jenis-jenis rotator yang terpasang di kendaraan bermotor roda empat pada umumnya.

Baca Juga : Tilang Elektronik Akan Mengubah Kesadaran Disiplin Masyarakat Berlalu Lintas

"Sirine-rotator itu ada tiga (warna) biru, merah, kuning. Biru untuk kepolisian dalam arti mobil dinas (Polri), merah untuk ambulans, pemadam kebakaran, TNI, dsb. Lagi-lagi ini ambulans sedang bertugas, kemudian mobil dinas TNI dan sebagainya. Satu lagi warna kuning, ini untuk pekerjaan umum, kebersihan dan sebagainya. Untuk kendaraan yang menggunakan rotator kuning ini dia tanpa sirine," tuturnya.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini