Bom Meledak di Gereja Makassar, Polda Metro: Warga Jakarta Jangan Panik

Arie Dwi Satrio, Okezone · Minggu 28 Maret 2021 16:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 28 338 2385460 bom-meledak-di-gereja-makassar-polda-metro-warga-jakarta-jangan-panik-T9etwhj0Dv.jpg Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus mengimbau warga Jakarta tidak panik, setelah aksi bom bunuh diri di Gereja Katedral Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (28/3/2021) pagi. Yusri memastikan pihaknya bersama instansi lain akan menjaga keamanan masyarakat Ibu Kota.

"Pasca-adanya bom di sana, kami meminta kepada masyarakat, khususnya masyarakat Jakarta untuk tidak panik pasca-bom di Makassar," kata Yusri Yunus dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Minggu (28/3/2021).

Yusri menyebut pihaknya bersama TNI dan instansi lainnya akan berusaha menjaga keamanan di wilayah Jakarta dan sekitarnya, pasca-insiden bom tersebut. Polri bersama instansi terkait akan memperketat pengamanan.

Baca juga: Pasca-Bom di Gereja Katedral, Polda Metro Perketat Pengamanan dan CCTV Tempat Ibadah

"Kegiatan pengamanan menyikapi dengan adanya hal tersebut kita melakukan kegiatan rutin, ditingkatkan bersama-sama dengan teman-teman TNI, Pemprov dan Pam Swakarsa, menjaga keamanan masing-masing, kita tingkatkan kegiatan pengamanan rutin," beber Yusri.

Tak hanya TNI dan unsur dari pemerintah daerah, Polri juga mengandalkan pihak pengamanan di tempat ibadah. Akan ada pula patroli skala besar yang akan digelar pihaknya.

"Perdayakan pam internal gereja atau tempat ibadah melalui giat memberikan motivasi dan arahan untuk meningkatkan kewaspadaan," kata Yusri.

Baca juga: Misteri Perempuan Terekam CCTV Beri Kode saat Bom Bunuh Diri di Gereja Katedral

Polda Metro juga akan menempatkan alutista dan personel di tempat ibadah dan tempat lainnya. "Kita akan melaksanakan mekanisme screening entry terhadap orang yang akan masuk ke gereja atau tempat ibadah," kata Yusri.

Sekadar informasi, ledakan yang diduga akibat bom bunuh diri terjadi di depan Gereja Katedral Makassar, Sulsel pagi tadi. Tercatat, ada sebanyak 19 orang mengalami luka-luka akibat insiden ini. Sementara pelaku, diperkirakan berjumlah dua orang.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini