Rumah Ibadah hingga Sentra Ekonomi Jadi Sasaran Utama Patroli Skala Besar TNI-Polri

Carlos Roy Fajarta, · Senin 29 Maret 2021 16:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 29 338 2386000 rumah-ibadah-hingga-sentra-ekonomi-jadi-sasaran-utama-patroli-skala-besar-tni-polri-KZYzTAYeIr.jpg TNI-Polri gelar patroli (Foto: Carlos Fajar)

JAKARTA - Wakapolda Metro Jaya, Brigjen Pol Hendro Pandowo menyebutkan rumah ibadah seperti Gereja, obyek vital, hingga sentra ekonomi akan menjadi sasaran utama patroli skala besar TNI-Polri, Satpol PP, dan Dishub untuk mengantisipasi potensi aksi terorisme pengeboman seperti yang terjadi di Gereja Katedral Makassar pada Minggu 28 Maret 2021 kemarin.

"Polda Metro Jaya dengan Kodam Jaya, Satpol PP dan Dishub melakukan patroli gabungan bersama untuk memberikan rasa aman, rasa nyaman, dan jaminan keamanan bagi masyarakat khususnya di Jakarta," ujar Hendro Pandowo, Senin (29/3/2021) sore di Lapangan Presisi Polda Metro Jaya didampingi Kasdam Kodam Jaya Brigjen TNI Muh. Saleh Mustafa.

Baca juga: Waspadai Aksi Teror Bom di Jakarta, 2 Kompi TNI-Polri Gelar Patroli Skala Besar

Hendro Pandowo menyebutkan untuk rute patroli skala besar ini yakni sejumlah gereja besar di Jakarta seperti Gereja Katedral, Gereja Immanuel, sentra ekonomi, dan tempat-tempat strategis lainnya.

Baca juga: Kehadiran TNI-Polri di Papua Berikan Rasa Aman Warga dari KKB

"Patroli ini akan terus kita lakukan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat dan menunjukkan bahwa sampai saat ini ibukota Jakarta dalam keadaan aman dan tertib," tutur Hendro Pandowo.

Menurutnya, patroli ini sebelumnya sudah sering di dan menjadi suatu kewajiban bagi aparat gabungan TNI, Polri, Satpol PP dan Dishub.

"Dan frekuensinya akan kita tingkatkan tentunya sampai menunggu perintah Kapolda Metro Jaya kapan patroli ini akan dicabut," jelas Hendro Pandowo.

Patroli skala besar tersebut kata Hendro Pandowo akan dilakukan setiap saat, setiap hari untuk memberikan rasa aman. Jumlah total personel yang dikerahkan yakni dua kompi gabungan patroli. Kegiatan patroli skala besar juga akan dilaksanakan pada malam hari hingga tengah malam.

"Sampai ada jaminan keamanan. Kita akan menuju mobil patroli bersama pak Kasdam. Setiap obyek Gereja, obyek vital, sentra ekonomi sudah ada konsep pengamanan baik oleh Pamdal setempat dibantu TNI Polri, menggunakan pola keamanan Ring 1, Ring 2, Ring 3, dan Ring 4. Dimana pun juga skema pengamanannya sama," tandas Hendro Pandowo.

(fkh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini