Rekonstruksi Penembakan Anggota TNI di Cengkareng, Pomdam Jaya Terus Kawal Proses Hukum

Tim Okezone, Okezone · Senin 29 Maret 2021 22:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 29 338 2386168 rekonstruksi-penembakan-anggota-tni-di-cengkareng-pomdam-jaya-terus-kawal-proses-hukum-uiwvC71jQm.jpeg Rekonstruksi penembakan anggota TNI di Cengkareng, Jakarta. (Ist)

JAKARTA - Danpomdam Jaya Kolonel Cpm Yogaswara menegaskan pihaknya bakal terus mengawal proses hukum dalam kasus penembakan terhadap anggota TNI Pratu MRK Sinurat oleh oknum polisi Brigadir CS. Hal sebagaimana perintah Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman.

Danpomdam Jaya mengungkapkan hal itu saat menghadiri rekonstruksi yang dilaksanakan di TKP penembakan tersebut bertempat di Cafe Raja Mura Jl Lingkar Luar Barat No 3 A Cengkareng Jakarta Barat, Senin (29/3/2021).

Pelaksanaan rekonstruksi perkara penembakan atas nama tersangka Brigadir CS kali ini merupakan kelanjutan proses penyidikan yang dilakukan penyidik Polda Metro Jaya, yang mana sebelumnya telah dilaksanakan berbagai upaya pengungkapan perkara tersebut, dimulai dari olah TKP, pemeriksaan terhadap tersangka maupun para saksi yang erat kaitannya dengan perkara tersebut.

Rekonstruksi penembakan terhadap prajurit TNI di Cengkareng. (Ist)

Demi transparansinya proses penegakan hukum, sesuai petunjuk Pangdam Jaya, Pomdam Jaya diperintahkan mengawal proses hukum sampai di tingkat persidangan dan mendapat kekuatan hukum tetap.

Rekonstruksi dilaksanakan dengan menghadirkan tersangka secara langsung di TKP, para saksi, serta kronologis kejadian secara terurai dikuatkan adanya barang bukti yang mendukung terjadinya perkara tersebut melalui sejumlah 51 peragaan adegan rekonstruksi dengan pengawalan langsung oleh Pomdam Jaya, Pom Kostrad, Kejaksaan Pengadilan Negeri Jakata Barat, Staf Intel Kodam Jaya, serta unsur terkait lainnya.

Baca Juga : Rekonstruksi Aksi Koboi Bripka Cornelius Digelar Hari Ini

Di sela pelaksanaan rekonstruksi tersebut Danpomdam Jaya Kol Cpm Yogaswara mengungkapkan, “Akan terus mengawal proses penyelesaian kasus tindak pidana yang dengan sengaja menghilangkan nyawa orang lain dan atau penganiayaan, sebagaimana disebut dalam pasal 338 KUHP dan atau pasal 351 KUHP yang telah terjadi. Persidangan Kode Etik yang mungkin juga akan segera digelar pihak Polda akan terus dikawal serta diawasi, dengan harapan memperoleh keputusan yang berkeadilan untuk dapat segera juga ditindaklanjuti oleh sidang pidananya,” ungkap Danpomdam Jaya, dalam keterangan tertulis.

Hadir dalam pelaksanaan rekonstrusi tersebut di antaranya Danpomdam Jaya, Danpom Kostrad, Dandim 0503/JB, Asintel Kostrad, Dandenpom Jaya-1/Tgr, Asintel Kodam Jaya yang diwakili Pabandya Intel, Kapolresta Metro Jakarta Barat dan Kejaksaan PN Jakarta Barat serta unsur terkait lainnya.

Kapendam Jaya Letkol Arh Herwin BS mengungkapkan, kehadiran pihak Kodam Jaya dalam hal ini Pomdam Jaya, dalam pelaksanaan rekonstruksi tersebut merupakan perintah langsung dari Pangdam Jaya, untuk mengawal proses Hukum perkara penembakan yang dilakukan oleh Brigadir CS, yang mengakibatkan korban meninggal dunia di antaranya Pratu MRK Sirait Satuan Kostrad.

Baca Juga : Rekonstruksi, Bripka Cornelius Letuskan 6 Tembakan secara Membabi Buta di Kafe Cengkareng

Kapendam melanjutkan, hal ini mengingat locus delictinya berada di wilayah hukum Kodam Jaya, dengan sendirinya Kodam Jaya mengawal langsung proses penyidikan secara berkeadilan, demi transparansinya penegakan hukum sampai mendapatkan kekuatan hukum tetap, pungkas Kapendam Jaya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini