Korban Kebakaran Kilang Pertamina Balongan Ditangani Dokter Ahli

Erfan Maaruf, iNews · Selasa 30 Maret 2021 17:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 30 338 2386674 korban-kebakaran-kilang-pertamina-balongan-ditangani-dokter-ahli-eGgqnwNzgy.jpg RSPP Jakarta (foto: MNC Portal)

JAKARTA - Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati memastikan sebanyak enam orang korban akibat kebakaran kilang minyak di Indramayu dalam kondisi baik. Para korban mendapat perawatan 24 jam dan dirawat oleh dokter ahli.

Nicke mengatakan, telah melihat langsung enam korban yang tengah dirawat di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP). Dia memastikan setiap pasien mendapat perawatan 24 jam oleh tim dokter ahli.

"Secara umum pasien dalam kondisi baik, namun kita tetap harus melakukan pengawasan yang ketat. Tim dokter dan perawat 24 jam memonitor kondisi para pasien," kata Nicke di RSPP Jakarta Selatan, Selasa (30/3/2021).

Baca juga:  Petugas Terus Berjibaku Padamkan Kebakaran Kilang Minyak Balongan

Lebih jelas dia mengatakan, pihaknya memberikan tim dokter spesialis dalam penanganan enam korban tersebut. Tim ahli penyakit dalam, anestesi, dan ICU yang berpengalaman dalam menangani luka bakar ini.

"Penyembuhan bukan hanya fisik saja, tapi dari sisi psikologis juga kami lakukan, sehingga nanti kami harapkan semua pasien sehat kembali seperti sedia kala. Semua upaya kami lakukan dan kami mohon doa agar proses penyembuhan berjalan lancar," jelasnya.

Baca juga:  Kilang Minyak Balongan Meledak-Terbakar, Warga: Seperti Kiamat, Lagi Tidur Langsung Terpelanting

Sebelumnya, enam orang korban luka berat akibat kebakaran kilang minyak di Indramayu telah dibawa Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) Jakarta Selatan. Enam korban langsung dimasukkan ke ruang Unit Gawat Darurat RS PP karena mengalami luka bakar berat.

Senior Vice President Corporate Communication and Investor Relations (SVP Corcom & IR) Agus Suprijanto mengatakan, sebanyak enam orang masuk ke RS PP dan langsung dilakukan evaluasi.

"Ada enam orang yang warga yang mungkin berada di dekat lokasi (kebakaran) ini sudah dibawa ke Rumah Sakit Pertamina Pusat (RS PP). Kondisinya saat ini sedang dievaluasi oleh tim dokter," kata Agus.

Setelah para korban selesai dilakukan evaluasi, tim dokter selanjutnya akan melakukan tindakan penanganan. Hasil evaluasi tersebut akan menentukan langkah-langkah yang akan diambil oleh tim dokter.

"Nanti hasil evaluasi sehingga dicari penanganan media yang cepat dan tepat sehingga bisa sehat kembali," jelasnya.

Kilang minyak PT Pertamina RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, terbakar sekira pukul 01.30 WIB. Akibat kejadian itu, belasan orang terluka dan ratusan warga sekitar mengungsi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini