Share

Ribuan Ikan di Kali Ancol Mati Diduga Disebabkan Hal Ini

Yohannes Tobing, Sindonews · Rabu 31 Maret 2021 03:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 30 338 2386810 ribuan-ikan-di-kali-ancol-mati-diduga-disebabkan-hal-ini-GpRWUKTiyv.jpg Ikan mati di Kali Ancol, Pademangan, Jakarta Utara. (Foto : Sindonews/Yohanes Tobing)

JAKARTA - Ribuan ikan di Kali Ancol, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara, mati secara mendadak pada Senin (29/3/2021).

Kasi Wasdal Dampak Lingkungan dan Kebersihan Sudin LH Jakut, Suparman menjelaskan berdasarkan pemeriksaan sementara, penyebab kematian ikan akibat cuaca sehingga berdampak pada kondisi oksigen di dalam air.  

"Kami enggak pernah berani menduga. Cuma lihat kondisi kemarin memang cuaca panas itu bisa terjadi kekosongan oksigen di dalam air," kata Suparman di pintu air Flushing Ancol di Jalan RE Martadinata, Jakarta Utara, Selasa, (30/3/2021).

Menurut Suparman dengan adanya perubahan cuaca yang terjadi tersebut, sehingga membuat ikan di Kali Ancol tidak mendapat oksigen yang cukup.

"Oksigen enggak dapat, panas dan ikan bisa mati hingga kotoran di dasar tanah membuat air semakin keruh," tuturnya.

Suparman juga menambahkan, adanya ikan mati di Kali Ancol belum dapat dipastikan karena limbah pabrik. Menurutnya di lokasi penemuan ikan mati dipastikan jauh dari lokasi pabrik.

Baca Juga : Ribuan Ikan Mati di Kali Ancol, Bau Busuk Menyengat Ganggu Aktivitas Warga

"Kebetulan sepanjang jalan ini kalau pabrik enggak ada ya, agak jauh dari sini, dipastikan tidak ada dari kegiatan pabrik masuk ke aliran air ini," tuturnya.

Baca Juga : Petugas Ambil Sampel Air di Kali Ancol Selidiki Ribuan Ikan Mati Mendadak

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini