213, 5 Kilometer Jalan di Jakarta Tahun Ini Bebas Kabel Udara

Bima Setiyadi, Koran SI · Kamis 01 April 2021 10:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 01 338 2387648 213-5-kilometer-jalan-di-jakarta-tahun-ini-bebas-kabel-udara-OlHkn2DQjJ.jpg Ilustrasi (Foto : TMC Polda Metro Jaya)

JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta terus berupaya menata kesemrawutan utiitas di udara dengan memindahkanya ke dalam tanah. Pada tahun ini sedikitnya ada 213,542 kilometer ruas jalan yang akan ditata melalui pelaksanaan pembangunan sarana jaringan utilitas terpadu (SJUT).

Melalui akun instagaramnya @dkijakarta, Pemprov DKI mengatakan, dengan menata dan mengendalikan SJUT di bawah tanah, memungkinkan nantinya tidak ada lagi kesemrawutan tiang dan kabel udara. Hal itu terus digencarkan dalam rangka meningkatkan kualitas pedestrian.

"Pada tahun ini, total SJUT di ruas jalan Jakarta dilakukan sepanjang lebih kurang 213,542 kilometer," tulis unggahan tersebut, seperti dikutip Kamis (1/4/2021).

Pembangunan SJUT dikerjakan oleh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Sarana Jaya dan Jakarta Propertindo (Jakpro). Total keseluruhan area rencana pembangunan SJUT oleh sarana jaya dilakukan sepanjang kurang lebih 106.542 kilometer yang terbagi di 24 lokasi wilayah Jakarta Pusat dan 10 lokasi di Jakarta Barat.

Sedangkan total keseluruhan area rencana pembangunan SJUT oleh Jakpro kurang lebih sekitar 107 kilometer yangterbagi di 20 lokasi wilayah Jakarta Selatan dan 9 lokasi di Jakarta Timur.

Baca Juga : Waspada Aksi Teror, Polisi Jaga Pakai Rompi Anti-Peluru

"Kondisi di dalam tanah terdiri dari manhole sebagai box kontrol dan jaringan utilitas terpisah dari saluran air yang berada di bagian tengah, di sisi kiri ada hand hole sebagai box kontrol akses ke pelanggan," tulis infografis yang dibagikan.

Sebelum pekerjaan SJUT banyak tiang dan kabel udara,Pemprov DKI memastikan nantinya sesudah pekerjaan SJUT tidak ada penggunaan tiang dan kabel udara masuk ke dalam SJUT di bawah tanah.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini