1.100 Personel TNI-Polri Siaga 24 Jam Amankan Perayaan Paskah di Kota Bogor

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Kamis 01 April 2021 12:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 01 338 2387745 1-100-personel-tni-polri-siaga-24-jam-amankan-perayaan-paskah-di-kota-bogor-mo8wVGgObi.jpg Kombes Susatyo. (Foto: Putra R)

BOGOR - Sebanyak 1.100 personel gabungan TNI-Polri disiapkan untuk melakukan pengamanan saat perayaan Paskah oleh umat Kristiani di wilayah Kota Bogor. Mereka akan bersiaga selama 24 jam.

"Dalam rangka menyambut kegiatan umat Kristiani yang akan mulai berlangsung pada hari Kamis, Jumat, Sabtu dan Minggu kami dari TNI-Polri menyiagakan semua personel dari Polri sebanyak 800 personel dari TNI 300 personel, yang akan mengamankan Kota Bogor," kata Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Susatyo, Kamis (1/4/2021).

Baca juga: Imbas Bom Makassar, Polda Jabar Perketat Pengamanan Gereja Jelang Paskah

Susatyo menambahkan, pengamanan akan diprioritaskan kepada 77 gereja yang akan menggelar perayaan Paskah di wilayahnya selama 24 jam penuh.

"Jadi prioritas adalah untuk gereja-gereja terdapat 77 gereja di Kota Bogor ini yang akan mendapatkan pengamanan secara 24 jam, dimulai dari hari ini sampai hari Minggu. Kemarin kita data ulang ada 21 yang melaksanakan tatap muka dan ternyata dalam rangka menyambut paskah ini beberapa gereja yang lain sudah mulai kegiatan tatap muka setelah 1 tahun tidak melaksanakan atau hanya virtual," jelasnya. 

Tak hanya itu, pihaknya juga memastikan bahwa protokol kesehatan terjaga selama perayaan Paskah berlangsung. Mulai dari pembatasan kapasitas hingga pendataan peserta yang terbatas. 

Baca juga: Jelang Jumat Agung & Paskah, Polisi Akan Patroli Skala Besar dan Perbanyak CCTV

"Hari ini kami hanya memastikan bahwa kesiapan personel kami perlengkapan kami semua siap dan juga sekaligus ingin memastikan, bahwa protokol kesehatan dalam rangka pelaksanaan pelaksanaan ibadah umat Kristiani dipenuhi. Tadi kami juga sudah melihat bagaimana menggunakan sistem barcode, kemudian tempat duduknya sudah diatur sedemikian rupa, termasuk juga kapasitas," ungkap Susatyo.

Semua ini untuk memastikan perayaan Paskah di Kota Bogor berjalan kondusif serta memberikan rasa aman kepada umat Kristiani yang beribadah.

"Kita berharap semuanya dengan sinergi semuanya Kota Bogor tetap aman dan kondusif. Tentunya selain bersifat statis, kami juga menyiagakan patroli-patroli gabungan. Semuanya kita ingin memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat Kota Bogor termasuk juga pusat pusat perekonomian kita juga akan melakukan pengamanan," harapnya.

Sementara itu, Pengurus Gereja Zebaoth Kota Bogor, Pendeta Doktor Margie Ririhena mengatakan, sejauh ini pihaknya telah siap untuk melaksanakan Paskah. Semua protokol kesehatan dan protokol pengamanan di sekitar gereja dilakukan secara maksimal. 

"Kami siap protokol kesehatan dan protokol keamanan. Setiap warga yang akan masuk hari Jumat Agung besok itu dengan proses barcode. Jadi hanya warga gereja yang bisa masuk dan itu jg melalu proses pendaftaran. Tadi sudah ditutup pendaftaran untuk 120 orang perjam ibadah, untuk 3 kali ibadah. Dari mulai halaman depan dijaga," ucap Margie. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini