Jumat Agung, Kendaraan Bermotor Tak Boleh Masuk Areal Gereja Immanuel

Quadiliba Al-Farabi, MNC Media · Jum'at 02 April 2021 06:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 02 338 2388208 jumat-agung-kendaraan-bermotor-tak-boleh-masuk-areal-gereja-immanuel-MZhl07OhB7.jpg Ilustrasi (Dokumentasi Okezone)

JAKARTA - Beragam persiapan dikerahkan aparat gabungan TNI dan Polri untuk mengamankan pelaksanaan ibadah Jum'at Agung di Gereja Protestan di Indonesia (GPId) Immanuel, Jakarta Medan Merdeka Timur, Jakarta. Tak terkecuali aparat akan menyediakan metal detector di area gerbang masuk.

"Dari Polsek besok akan kita siapkan metal detector, antisipasi kejadian-kejadian kemarin," ujar Komandan Rayon Militer (Danramil) 04 Gambir Mayor Inf. Sisriyanto.

Sisriyanto berkata, para jamaah yang ingin menjalankan ibadah di gereja ini juga akan diperiksa secara ketat. Di antaranya pihaknya akan melakukan body checking.

Selain itu, ia menyampaikan pihaknya tidak mengizinkan kendaraan bermotor masuk ke area gereja. Ia membatasi mulai dari halaman gereja hanya boleh dimasuki oleh pejalan kaki.

"Kendaraan roda empat maupun roda dua semuanya di luar, sehingga hanya jemaah yang masuk dengan berjalan kaki," lanjutnya.

Sampai malam ini, terpantau sejumlah personel Polri dan TNI disiagakan untuk mengamankan area sekitar gereja Immanuel ini. Tak ketinggalan satu unit panser anoa telah terparkir di halaman gereja.

"Untuk hari ini saja, di Immanuel ini ada 44 (personel) karena masih dalam rangka persiapan untuk kegiatan besok. Itu panser dari rekan-rekan TNI sudah ada. Nanti dari Polri juga ada," ujar Kepala Kepolisian Sektor Metro Gambir AKBP Kade Budiyarta saat memantau persiapan di lokasi.

Budi menyebutkan, pengerahan personel hari ini hanya dikhususkan menjaga kegiatan vaksin yang diselenggarakan tadi sore. Besok pagi, pihaknya akan lebih memperketat serta menambah jumlah personel.

"Untuk kegiatan keagamaan tidak ada hari ini. Besok baru ada untuk Jumat Agung jam 9 (pagi) . Besok akan dipertebal lagi pengamanannya," ucapnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini