Share

Sepekan Jelang Ramadan, Tradisi Ziarah di TPU Blender Kota Bogor Sepi

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Minggu 04 April 2021 16:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 04 338 2389169 sepekan-jelang-ramadan-tradisi-ziarah-di-tpu-blender-kota-bogor-sepi-Db4uz565kJ.jpg TPU Blender. (Foto: Putra R/Okezone)

BOGOR - Sepekan jelang Ramadan, tradisi ziarah atau mengunjungi pemakaman di Kota Bogor, terpantau sepi. Seperti di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Blender, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor.

Pantauan MNC Portal Indonesia di lokasi, Minggu (4/4/2021), tak banyak peziarah yang datang mengunjungi area pemakaman tersebut. Hanya terlihat para penjual makanan dan kembang yang mulai memadati pemakaman.

"Sepi, enggak begitu ramai," kata salah satu pedagang kembang, Suhemi (57) di lokasi, Minggu.

Wanita yang sudah puluhan tahun berjualan kembang di TPU Blender ini mengaku sepinya peziarah terasa sejak pandemi Covid-19. Sepekan jelang Ramadan seharusnya sudah ramai peziarah.

Baca juga: LAPAN Perkirakan Awal Ramadan 1442 H Jatuh pada 13 April 2021

"Dua lebaran berkurang (pemasukan) semenjak corona. Harusnya sudah ramai tapi seminggu (jelang Ramadan) masih sepi," ungkap Suhaemi.

Foto: putra r

Hal senada juga dikatakan oleh salah satu petugas makam, M. Soleh (61). Tahun ini memang tak banyak peziarah yang datang. Tetapi, sedikit meningkat dibandingkan awal pandemi Covid-19 pada 2020.

"Sekarang (peziarah) sekitar 40 persen, awal covid cuma 10 persen. Tapi begini, enggak ramai," ucap Soleh.

Baca juga: Masih Pandemi, Tradisi Balimau Sambut Ramadan di Pekanbaru Kembali Ditiadakan

Biasanya, area pamakaman yang memiliki luas sekitar 8 hektare ini kerap ramai dikunjungi peziarah sepekan jelang bulan Ramadan. Saat ini, yang banyak hanya pedagang makanan dan kembang musiman.

"Harusnya sekarang sudah membeludak. Ini banyaknya pedagang musiman, tukang kembang juga musiman. Kalau hari biasa (pedagang) juga sedikit," tutupnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini