Share

Pemakaman Umum di Bekasi Ramai Dikunjungi Peziarah Jelang Ramadan

Didit Junaidi, iNews · Senin 05 April 2021 10:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 05 338 2389429 pemakaman-umum-di-bekasi-ramai-dikunjungi-peziarah-jelang-ramadan-aLAAMpKlFG.jpg Warga ziarah makam. (Foto: iNews)

BEKASI - Jelang bulan suci Ramadan, ratusan umat Islam Di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, melakukan ziarah alias nyekar ke makam orang tua atau sanak saudara mereka yang telah meninggal dunia.

Ziarah atau nyekar memang sudah tradisi bagi umat Islam dalam menyambut Ramadan, untuk mengirimkan doa kepada orang tua dan keluarga yang telah meninggal dunia. Selain itu, sanak family juga membersihkan makam keluarga yang sudah dipenuhi rumput dan sampah.

Baca juga: Pemerintah Segera Rumuskan Pedoman Teknis Beribadah saat Ramadan

Pemandangan ini salah satunya bisa dilihat di pemakaman umum yang berada di Kampung Jejalen, Desa Mangun Jaya, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Minggu (4/4) siang. Pemakaman banyak didatangi warga dari berbagai daerah, guna melakukan ziarah atau nyekar ke makam keluarga mereka.

Ziarah dan nyekar tersebut memang sudah tradisi bagi umat Islam mendatangi makam keluarga, dengan tujuan untuk mengirimkan doa kepada keluarga. Selain itu mereka juga menaburkan kembang dan membersihkan makam.

Baca juga: Kemenag Akan Gelar Isbat Penentuan Awal Ramadhan pada 12 April

Salah satu peziarah, Yanti mengatakan, kedatangannya sebagai bakti kepada orang tua.

Di perkirakan para penziarah yang datang ke tempat pemakaman umum daerah Jejalen, Mangun Jaya ini bakal lebih padat lagi tiga hari sebelum bulan puasa. Pasalnya, tempat pemakaman umum tersebut diisi warga dari berbagai daerah.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini