Intip Persiapan Sekolah di Jakarta Sambut Uji Coba Belajar Tatap Muka Hari Ini

Yohannes Tobing, Sindonews · Rabu 07 April 2021 06:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 07 338 2390553 intip-persiapan-sekolah-di-jakarta-sambut-uji-coba-belajar-tatap-muka-hari-ini-mV26Wzpc59.jpg Ilustrasi persiapan sekolah menyambut uji coba belajar tatap muka di tengah pandemi. (Foto: Yohannes Tobing)

JAKARTA - Jelang uji coba belajar tatap muka pada hari ini, Rabu (6/4/2021). SDN Tengah 06, Kramat Jati, Jakarta Timur telah melakukan sejumlah persiapan, mulai dari masker hingga tempat cuci tangan.

Kepala Sekolah SDN Tengah 06 Sugesti mengatakan bahwa persiapan yang dilakukan, mulai dari penerimaan siswa ketika masuk dalam lingkungan sekolah hingga proses belajar mengajar. 

Nantinya akan ditempatkan staf sekolah yang bertugas di depan pagar untuk memeriksa suhu tubuh siswa sebelum mengikuti proses kegiatan uji coba belajar tatap muka. 

Baca juga: Uji Coba Sekolah Tatap Muka, Epidemiolog: Kenapa Tidak Tunggu Positivity Rate Rendah?

“Jika suhunya panas, kita melarang mereka ikut tatap muka dan kita sarankan ikuti pembelajaran secara daring,” ucap Sugesti, saat dikonfirmasi, Selasa (6/4/2021). 

Foto: Yohannes T

Menurut Sugesti, pihak sekolah juga telah menyiapkan sejumlah fasilitas pendukung protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungan sekolah. 

“Sekolah juga menyiapkan tempat mencuci tangan yang kita buat sendiri. Begitu juga hand sanitizer di beberapa tempat,” sambungnya. Bahkan alat pelindung diri (APD) juga disiapkan, mengantisipasi apabila sewaktu-waktu dibutuhkan.

Baca juga: Uji Coba Belajar Tatap Muka, Pemprov DKI Utamakan Kesehatan & Keselamatan Peserta Didik

Sementara untuk ruangan belajar mengajar, pihak sekolah telah menyiapkan sesuai dengan protokol kesehatan. Bangku dan meja para siswa hanya dipakai setengahnya dari kapasitas. 

“Ruang kelas yang biasa digunakan untuk 30 siswa kini hanya bisa dipakai untuk 15 siswa yang akan mengikuti belajar tatap muka,” katanya. 

Khusus untuk tenaga pendidik, dipastikan hanya mereka yang telah disuntik vaksin Covid-19 yang bisa mengajar tatap muka. “Nanti ada guru yang mengatur pembelajaran secara blanded learning yang sudah mendapat pelatihan,” lanjutnya. 

Adapun dalam pembelajaran secara langsung, siswa yang tidak diizinkan orangtuanya untuk mengikuti proses belajar tatap muka bisa mengikuti secara online atau daring.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini