Buntut Aksi Koboi Jalanan, Polisi Imbau Masyarakat Serahkan Airsoft Gun Tanpa Izin

Carlos Roy Fajarta, · Rabu 07 April 2021 16:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 07 338 2390930 buntut-aksi-koboi-jalanan-polisi-imbau-masyarakat-serahkan-airsoft-gun-tanpa-izin-XxLVo3YU9r.jpg Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri (foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pasca penyerangan Mabes Polri oleh ZA, dan arogansi pengemudi mobil Fortuner MFA, Polda Metro Jaya semakin memperketat pengawasan terhadap kepemilikan dan penggunaan senjata airsoft gun dan air gun.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus menyebutkan, pihaknya akan semakin memperketat pengawasan terhadap penggunaan senjata oleh masyarakat sipil.

"Kami sampaikan kepada masyarakat yang masih memegang senjata air gun, atau air soft gun yang tanpa izin sebaiknya menyerahkan ke polisi," ujar Yusri Yunus kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Rabu (7/4/2021).

 Baca juga:  Marak Penyimpangan Senpi, Begini Cara Polisi Lacak Penjualan Via Online

Ia menyebutkan, bagi masyarakat yang kedapatan memiliki senjata air soft gun dan air gun tanpa izin dapat dikenai UU Darurat Nomor 12 Tahun 1951.

"Karena ada ketentuan penggunaan peraturan Kapolri Nomor 5 Tahun 2018 tentang penggunaan air gun dan air soft gun yang memang untuk olahraga. Kalau tidak memiliki izin atau surat sebaiknya diserahkan karena ada pertimbangan dari pihak kepolisian dan ada kebijakan yang akan kita berikan ke orang yang memang masih memegang senjata tersebut," tandas Yusri Yunus.

Baca juga:  Acungkan Senpi kepada Warga, Pengemudi Fortuner Ditangkap di Parkiran Mal

Sebagaimana diketahui, beredar viral di media sosial video seorang pengemudi mobil Toyota Fortuner dengan nomor plat B-1673-SJV yang terlibat kecelakaan lalu lintas dengan sebuah sepeda motor Honda Vario AD 2471 ASF mengacungkan pistol untuk mengancam warga di perempatan lampu merah Jalan Baladewa, Duren Sawit, Jakarta Timur pada Jumat (2/4/2021) dini hari.

Pengemudi tersebut diketahui berkacamata, berkaus hitam, dan berambut pendek dan menggunakan jam tangan berwarna silver. Ia diketahui terlibat laka dengan pengendara motor yang ditunggangi dua orang perempuan.

"Gua jalan aja ya, bukan salah gua," ujar pengemudi mobil Fortuner tersebut dengan nada suara tinggi (marah) dalam video berdurasi sekitar 1 menit yang viral di media sosial.

Warga dan pengguna jalan yang berhenti untuk menolong pengemudi sepeda motor yang terlibat kecelakaan kemudian membiarkan pengemudi dan Mobil Fortuner tersebut meninggalkan lokasi kejadian karena ancaman pistol tersebut.

"Waduh (melihat pengemudi mobil Fortuner mengacungkan pistol dengan membuka kaca pintu), ya udah jalan aja pak jalan aja sana. Cabut-cabut, urusan sama polisi besok ya," ujar salah satu warga yang merekam video tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini