Pemkot Tangerang Tetap Kebut Vaksinasi saat Ramadan

Isty Maulidya, Okezone · Kamis 08 April 2021 19:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 08 338 2391623 pemkot-tangerang-tetap-kebut-vaksinasi-saat-ramadan-4sqUcgWIxa.JPG Vaksin di Polres Tangerang (Foto: MPI/Isty)

TANGERANG - Proses pemberian vaksin Covid-19 di Kota Tangerang akan tetap berjalan saat bulan Ramadan.

Vaksinasi tetap dilakukan di siang hari, namun waktunya akan lebih cepat dibanding sebelum Ramadan. Saat Ramadan, Dinas Kesehatan akan menggelar vaksinasi mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB.

“Untuk lokasinya, kami akan lebih dekatkan agar memudahkan para penerima vaksin. Begitu juga soal waktunya, yang tadinya sehari satu Puskesmas bisa 400 sasaran, saat Ramadan menjadi 100 sasaran per hari,” jelas Kepala Dinas Kesehatan, Liza Puspadewi pada Kamis (8/4/21).

Saat ini, lanjutnya, vaksinasi di Kota Tangerang sedang berlangsung untuk kategori lansia. Tepat pada saat Ramadan, Dinkes akan melangsungkan vaksinasi lansia dosis kedua, dengan target sasaran 45 ribu lansia, dari 117.010 lansia di Kota Tangerang.

Hinggas saat ini vaksinasi di Kota Tangerang sudah menyasar 13 ribu tenaga kesehatan, 45 ribu pelayan publik dan proses penyelesaian 45 ribu sasaran lansia. Sedangkan untuk perkembangan kasus di Kota Tangerang saat ini kian menurun, dengan 20-an kasus per harinya.

“Alhamdulillah sudah menurun, dari 80-an kasus per hari tertinggi, saat ini 20-an kasus per hari. Semoga kian menunjukkan penurunan,” harap dr Liza.

Sebelumnya, Ketua MUI Kota Tangerang Ghozali Barmawi menyarankan agar pemberian vaksin Covid-19 saat Ramadan dilakukan setelah waktu berbuka. Hal ini dilakukan untuk menghindari kemungkinan adanya efek samping setelah pemberian vaksin. Karena saat puasa, tubuh tidak menerima asupan makanan sejak dini hari hingga petang menjelang malam.

"Kalau bisa untuk masyarakat tertentu dialihkan pada malam hari. Karena paginya kan enggak sarapan, maka seyogyanya penyuntikan dilakukan saat malam hari," lanjutnya.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) sendiri sudah mengeluarkan fatwa Nomor 13 tahun 2021 yang menyatakan, vaksinasi Covid-19 tidak membatalkan puasa dan boleh dilakukan bagi umat Islam, Yang sedang berpuasa.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini