Anies Pamerkan Proyek Rumah Panggung di Kampung Melayu

Widya Michella, MNC Media · Jum'at 09 April 2021 10:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 09 338 2391824 anies-pamerkan-proyek-rumah-panggung-di-kampung-melayu-ZKqCQwN5Gq.jpg Rumah Panggung (Foto : Instagram/@aniesbaswedan)

JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sedang menggarap proyek Bedah Kampung berupa 40 rumah RT 13/14 perkampungan di Kebon Pala, Kampung Melayu, Jakarta Timur. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pun memamerkan proyek tersebut di akun Instagramnya @aniesbaswedan yang merepost postingan akun @dkijakarta, Jumat (9/4/2021).

Dalam postingannya itu terlihat foto ilustrasi program bedah kampung dengan konsep "Kampung Vertikal". Konsep hunian bersusun tegak lurus ke atas guna meminimalisir penggunaan lahan.

Program Bedah Kampung ini bertujuan untuk mengubah pola pikir masyakarat bahwa kampung kumuh dan tidak produktif. Dengan harapan warga penerima bantuan akan aktif menjadi warga berdaya yang di pancing dengan fasilitas warung (bedah warung), area bertanam hidroponik, fasilitas kesenian dan sosial.

Hal ini juga dapat mengurangi resiko banjir di Kawasan Kampung Melayu yang kerap kali dilanda banjir setiap tahunnya dan merendam pemukiman warga. Nantinya perkampungan akan dibagi menjadi tiga zona yaitu: zona pendidikan, bermain dan ekonomi.

Baca Juga : Wanita Depresi Ditinggal Suami Meninggal Dikira Hantu Viral di Media Sosial

"Rumah warga akan dibangun berlantai tiga. Untuk bagian atasnya dijadikan rumah, lalu bagian bawahnya dibuat model panggung setinggi 3,5 meter untuk usaha dan interaksi sosial. Sebelum lebaran kita targetkan ini sudah selesai," ujar Wali Kota Jakarta Timur, Muhammad Anwar, sebagaimana diunggah Anies.

Selain itu, warga akan disediakan ruang terbuka hijau (RTH) yang diposisikan di gang-gang yang tersedia di sekitar site. Pemerintah juga menyiapkan pemilahan dan pengolahan sampah komunal guna mendukung pemberdayaan lingkungan.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini