Pedagang yang Terdampak Kebakaran di Blok C Pasar Minggu Akan Direlokasi

Dimas Choirul, MNC Media · Selasa 13 April 2021 12:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 13 338 2393802 pedagang-yang-terdampak-kebakaran-di-blok-c-pasar-minggu-akan-direlokasi-bWhOrfesDZ.jpg Foto: Illustrasi Shutterstock

JAKARTA - Plt Wali Kota Jakarta Selatan, Isnawa Adji mengatakan, para pedagang yang terdampak kebakaran di Blok C Pasar Minggu akan segera direlokasi. Mereka akan dipindahkan ke tempat berjualan sementara di lokasi lain yang lebih aman.

"Akan dicoba nantinya penempatan di blok-blok lain yang bisa," katanya usai meninjau Blok C Pasar Minggu, Selasa (13/4/2021).

Baca juga: Cek Lokasi Kebakaran Pasar Minggu, Plt Wali Kota Jaksel Minta Pedagang Tak Mendekat

Isnawa menjelaskan, kebakaran yang terjadi pada Senin (12/4/2021) malam itu mengakibatkan 389 kios pedagang hangus. Selain kehilangan barang jualan, mereka kini juga tak bisa lagi berjualan di sana. Sebab, bangunan Blok C masih dibatasi garis polisi dan rentan roboh.

"Kita tahu ini bangunan tua sudah 25 tahun lebih usianya, dan juga infrastrukturnya yang mungkin sudah mulai rapuh karena dibakar ali lebih dari empat jam," ujar Isnawa.

Baca juga;  Kebakaran Pasar Minggu, 388 Lapak Hangus Dilalap si Jago Merah

Isnawa memahami bahwa awal Ramadhan ini biasanya momen penjualan melonjak. Ia pun meminta para pedagang untuk bersabar atas insiden kebakaran ini.

"Saya minta PD pasar segera menyediakan tepat berdagang sementara buat para pedagang," pungkasnya.

Pantauan reporter MPI, Gedung pasar bertingkat lima lantai itu hingga saat ini masih terpasang garis polisi. Beberapa pedagang yang terdampak pun tinggal sedikit yang berada di lokasi.

Sementara itu, Direktur Teknik PD Pasar Jaya, Aristianto, mengatakan, proses relokasi para pedagang terdampak masih diproses. Kekinian pihaknya masih melakukan pendataan.

"Kita lakukan penempatan untuk mereka berjualan sementara. Masih ada beberapa lokasi (yang kosong). Tapi kita tunggu datanya dulu," kata Aristianto dilokasi.

Ia juga mengatakan, rencana renovasi gedung Blok C juga masih dikaji. Sebab, bangunan tersebut sudah tua.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini