Jasa Marga: Tidak Boleh Ada Derek Liar di Jalan Tol

Carlos Roy Fajarta, · Kamis 15 April 2021 13:55 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 15 338 2395161 jasa-marga-tidak-boleh-ada-derek-liar-di-jalan-tol-vpy4eP9SFo.jpg Foto: Istimewa

JAKARTA - Marketing & Communication Departemen Head Jasa Marga, Faiza Riani mengatakan bahwa maraknya peristiwa derek liar yang melakukan pemaksaan dan pemerasan, pihaknya hanya bisa melakukan pengusiran saat derek liar sedang hendak beroperasi di tepi jalan tol.

"Tidak boleh ada derek liar (di jalan tol). Kita selalu berkoordinasi dengan kepolisian. Kalau dari petugas kami memantau ada derek liar akan beraksi di tepi jalan tol akan langsung diusir," ujar Faiza Riani dikonfirmasi MNC Portal Indonesia, Kamis (15/4/2021).

Ia pun meminta masyarakat pengguna jalan tol yang melihat atau pun menjadi korban pemerasan dan pemaksaan derek liar agar segera melapor ke petugas.

"Pihak operator akan berkoordinasi dengan Keamanan dan Ketertiban, akan menyusur jalan tol, nanti kita akan koordinasi dengan PJR untuk mendeteksi derek liar," tandas Faiza Riani.

Baca juga: Derek Liar Masih Berkeliaran di Jalan Tol, Netizen: Ada Oknum Aparatnya Juga

Pihak kepolisian dari Ditlantas Polda Metro Jaya meminta pengguna jalan tol melaporkan keberadaan derek liar yang meresahkan pengguna jalan tol di Ibu Kota Jakarta dan sekitarnya (Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi).

Baca juga: Viral Pengemudi Truk Minta Tolong karena Dikerumuni Derek Liar di Gerbang Tol Halim

"Kami mengimbau kepada masyarakat pengguna jalan tol baik yang melihat ataupun menjadi korban pemerasan derek liar agar segera melapor ke petugas kepolisian maupun petugas jalan tol terdekat," ujar Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo.

Sambodo Purnomo Yogo menegaskan bahwa pelaksanaan operasi skala besar pembersihan derek liar akan mulai dilaksanakan secara intensif mulai hari ini.

"Kita operasi mulai hari ini. Kita akan operasi untuk pembersihan derek liar di jalan tol. Semua ruas jalan tol di wilayah hukum Polda Metro Jaya," tambah Sambodo Purnomo Yogo.

Sebelumnya, beredar viral di media sosial sebuah video berdurasi 45 detik yang direkam oleh seorang pengemudi truk dihampiri oleh sejumlah oknum derek liar di Jalan Tol dekat Gerbang Tol Halim, Jakarta Timur.

"Tolong saya diderek sama orang ini, dia memaksa, pukul-pukul kaca ini pak," ujar pengemudi supir truk tersebut dalam video yang di unggah di media sosial pada Kamis (15/4/2021) pagi.

"Tolong yang ada disekitar sini berhenti tolong saya, saya ada di KM Gerbang Halim," tambah pengemudi supir truk yang panik karena dikerumuni sekitar tiga orang pria dari arah sisi depan, samping kanan dan kiri pintu mobil.

Sementara itu admin dalam unggahan media sosial Instagram menyebutkan kejadian tersebut merupakan aksi pemaksaan yang dilakukan oleh derek tidak resmi di dalam jalan tol.

"Diduga pemaksaan dari derek tidak resmi di Jalan Tol, Pelaku memaksa dengan dalih yang kurang jelas. Sedangkan kita sudah melaporkan ke petugas PJR karena kendaran teman saya mengalami troble di jalan tol arah gerbang exit Halim Jakarta Timur," ujar admin dalam unggahannya tersebut.

"Menurut korban derek tersebut tiba tiba berhenti dan menghampiri tapi mereka tanpa seragam dan mencurigakan, harap kepada petugas terkait tolong di tindaklanjuti. Waktu kejadian belum diketahui. Mohon ditindak derek derek liar yg meresahkan pengguna tol dan sering memeras," tambah admin akun Instagram tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini