Anies: Pembangunan Jakarta Harus Gotong Royong & Kolaboratif

Agregasi Sindonews.com, · Kamis 15 April 2021 20:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 15 338 2395397 buka-musrembang-anies-pembangunan-jakarta-harus-gotong-royong-kolaboratif-BK6PqUJfv3.jpg Foto: Istimewa

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) 2021 secara virtual. Dia berharap, adanya terobosan baru untuk pemulihan akibat pandemi Covid-19 di Ibu Kota.

“Alhamdulillah, pagi tadi membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi DKI Jakarta Tahun 2021,” tulis Anies dalam akun media sosial Instagram pribadinya, @aniesbaswedan, Kamis (15/4/2021).

“Tantangan yang dihadapi Jakarta tidak sederhana, di masa pandemi ini kita dalam proses pemulihan. Karena itu perlu banyak terobosan, kebaruan dalam cara-cara bekerja, yang berbeda dengan masa sebelumnya,” tuturnya.

Menurut Anies, pembangunan di Jakarta harus direncanakan secara gotong royong dan kolaboratif. Karena pelaku pembangunan di Jakarta bukan hanya dari pemerintah saja, tapi juga dari pihak swasta dan unsur masyarakat.

Baca juga: DKI Alami Kontraksi Ekonomi Luar Biasa, Anies: Prioritas Anggaran untuk Kepentingan Masyarakat

“Begitu banyak peluang kolaborasi dalam membangun Jakarta. Banyak dari program kita yang hanya bisa dikerjakan bersama-sama,” bebernya. 

Anies menambahkan, ada beberapa program DKI yang bisa dikerjakan bersama dengan pemerintah. Terutama, kata dia, infrastruktur transportasi dan pengembangan pariwisata.

“Ada beberapa program yang perlu kolaborasi khusus dengan pemerintah pusat. Kita perlu pastikan semua rencana waktu dan target disusun sebaik-baiknya. Terutama untuk program-program mendasar seperti infrastruktur transportasi, pengembangan kawasan, pengembangan pariwisata, pengendalian banjir, dan infrastruktur air bersih,” paparnya.

Musrenbang tahun ini untuk merencanakan kerja di 2022, maka harus fokus untuk menunaikan agenda yang telah menjadi komitmen kita pada RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) 2017-2022.

“Bappeda DKI Jakarta akan menyisir semua program RPJMD yang telah diturunkan menjadi Kegiatan Strategis Daerah (KSD). Memastikan pada tahun 2022 nanti semua rencana tersebut bisa ditunaikan tuntas,” kata Anies.

Baca juga: Jelang Masa Jabatan Berakhir, Anies Baswedan Dorong Anak Buah Tuntaskan Program Kerja

Sementara itu, Pekerjaan Rumah (PR) RPJMD adalah penuntasan program-program sosial kemasyarakatan. Pemprov DKI tengah mengalami kontraksi ekonomi akibat pandemi, masalah kesejahteraan rakyat (kesra) skalanya juga membesar.

“Pada tahun 2022 kita akan lebih serius menuntaskan program-program yg berkaitan kesra langsung khususnya di aspek kesehatan, pendidikan dan UMKM,” ujarnya.

Orang nomor 1 di DKI Jakarta ini juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat dan menyumbangkan pikirannya di dalam kegiatan Musrenbang. “Semua masukan menjadi catatan kita, harapannya nanti Bappeda dan seluruh jajaran menampung aspirasi menjadi bahan penyusunan rencana kerja kita di 2022. InsyaAllah kita bisa mencapai apa kita semua harapkan: Jakarta yang maju kotanya dan bahagia warganya,” pungkasnya.

(fkh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini