4 Pelaku Ganjal ATM Ditangkap Polisi saat Beraksi di Bekasi

Didit Junaidi, iNews · Senin 19 April 2021 17:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 19 338 2397303 4-pelaku-ganjal-atm-ditangkap-polisi-saat-beraksi-di-bekasi-ligpTMy2f6.jpg Para pelaku ganjal ATM. (Foto: iNews)

BEKASI - Sebanyak empat orang pelaku ganjal ATM di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (19/4/021) sore, berhasil dibekuk anggota Polres Metro Bekasi. Satu dari ke empat pelaku adalah salah seorang mantan residivis dengan kasus serupa. Sedangkan barang bukti milik para pelaku kini diamanakan petugas. 

Para pelaku berinisial AKM, SD, SN dan HR. Mereka kerap kali melakukan aksinya di wilayah hukum Polres Metro Bekasi. Berawal dari laporan warga dan kecurigaan petugas, para pelaku berhasil ditangkap tim operasional Ranmor Polres Metro Bekasi ketika sedang melakukan aksinya di sebuah ATM yang berada di Desa Sukadami, Kecamatan Cikarang Selatan.

Baca juga: Waspadai Modus Ganjal Mesin ATM

Sebelumnya petugas telah membuntuti keempat pelaku. Mereka ditangkap setelah kawanan tersebut ingin melakukan aksi ganjal ATM di lokasi yang keempat, setelah sebelumnya pelaku berhasil melakukan aksinya di tiga lokasi ATM yang berbeda.

Dalam melakukan aksinya, para pelaku memiliki peran masing-masing, AKM yang juga mantan residivis berperan sebagai eksekutor di mesin ATM, SD berperan sebagai sopir, SN berperan sebagai orang yang mengantre dan HR sebagai orang yang mengawasi.

Baca juga: Aksinya Bobol ATM Tepergok, Pasutri Nyaris Diamuk Warga di Pondok Aren

Menurut Kapolres Metro Bekasi, Kombespol Hendra Gunawan, para peaku ganjal ATM tersebut kerap melakukan aksinya hanya dengan mengincar ATM Mandiri. Dari tangan pelaku, petugas kepolisian berhasil mengamankan dua buah alat tongsis pengait, tiga buah ATM serta uang tunai sebesar Rp5 juta. 

Akibat perbuatannya, keempat pelaku terancam dengan Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman tiga tahun penjara.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini