Pidato Anies saat Dialog Pimpinan Forum C40 Cities PBB Ternyata di Cirebon

Fahmi Firdaus , Okezone · Rabu 21 April 2021 14:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 21 338 2398433 pidato-anies-saat-dialog-pimpinan-forum-c40-cities-pbb-ternyata-di-cirebon-FAlEDGz7Rl.jpg foto: ist

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan beberapa waktu lalu berpidato dalam forum bertajuk 'Dialogue Between C40 Mayors and UN Secretary General-Advancing Carbon Neutrality and Resilent Recovery for Cities and Nations’.

(Baca juga: PBB Tindaklanjuti Gagasan Anies soal Dukungan Aksi Iklim)

Ternyata, pidato Anies secara virtual dengan Sekjen PBB Antonio Gutteres itu dilakukannya bukan di Jakarta, melainkan di Cirebon Jawa Barat.

“Jumat siang berangkat dari Cilacap perjalanan kembali sesudah acara Panen Raya dan sudah diperhitungkan bahwa tidak cukup waktu untuk bisa tiba di Jakarta saat jadwal konferensi tersebut,” kata Anies, dalam keterangannya, Rabu (21/4/2021).

(Baca juga: Ketua DPD RI Minta Pemerintah Selesaikan RUU Perampasan Aset)

Dijelaskan Anies, tim dari KDH, Kominfo dengan komputer dan jaringan berangkat ke Cirebon. Mereka memakai ruang meeting di sebuah hotel di dekat alun-alun kota Cirebon.

“Kami dari Cilacap tiba di hotel kira-kira 30 menit sebelum acara dimulai. Langsung siap-siap dan mulailah partisipasi Jakarta dalam forum global ini,” ujarnya.

“Ini memang unik, pagi di sawah panen raya di cilacap; malam di konferensi global di Cirebon dan disiapkan oleh tim kerja dari Jakarta. Inilah pola kerja abad 21,” sambungnya.

Anies menekankan, kerja tersebut dilakukan bersama tim secara kolektif dengan membawa perangkat yang dibawa dari Jakarta.

“Memang benar saya yang berada di depan, berbicara dan menyampaikan gagasan. Tapi di balik itu ada tim kerja yang tidak terlihat, mulai dari yang menyiapkan semua perangkat, memastikan jaringan internet lancar, menyiapkan data, melakukan riset, hingga berkoordinasi dengan C40. Kita semua bekerja sebagai sebuah tim, kerja kolektif,” ungkapnya.

Anies bersyukur, gagasan yang disampaikan dalam forum itu langsung disetujui dan mendapatkan dukungan penuh dari Sekjen PBB. Menurutnya, sepanjang forum malam itu, hanya Jakarta yang mendapatkan respon langsung dari Sekjen PBB.

“Jumat tengah malam acara tuntas. Semua kembali ke Jakarta. Ada yang menggunakan mobil dan ada yang pakai kereta dari Cirebon dini hari. Ibu dan Bapak sekalian, itulah kerja bersama. Itulah kerja kolektif. Izinkan saya menyampaikan terima kasih dan rasa bangga, bisa bekerja bersama dengan pribadi-pribadi di DKI yang berderikasi tinggi,” tutup Anies.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini