Share

Pencurian Sepeda Motor Makin Marak di Jakarta Utara, Warga Resah

Yohannes Tobing, Sindonews · Kamis 22 April 2021 14:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 22 338 2399018 pencurian-sepeda-motor-makin-marak-di-jakarta-utara-warga-resah-s9yqDLFhwA.jpg Ilustrasi (Dokumentasi Okezone)

JAKARTA - Aksi pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) di wilayah Jakarta Utara semakin meningkat bahkan hal ini sangat meresahkan masyarakat.

Setidaknya, belum lama ini ada tiga unit motor milik warga di lokasi yang berbeda beda dan terjadi dalam kurun waktu selama dua hari. Aksi pencurian motor inipun terekam CCTV dan viral di media sosial.

Pada aksi yang pertama, pencurian motor terjadi di Jalan Cipeucang 2, RT 06 RW 013 Kelurahan Koja, Kecamatan Koja, Jakarta Utara, Selasa (20/4/2021).

Warga setempat, Baringin Sinaga (35) mengatakan hilangnya motor milik seorang tamu dari salah satu warga terjadi pada saat sedang berkunjung sekitar pukul 15.35 WIB.

Berdasarkan rekaman CCTV, Pelaku berjumlah dua orang itu, terlebih dahulu mengamati situasi sekitar dan mengincar serta membawa kabir motor Honda Beat warna pink.

“Kayaknya (pelaku) mengamati dulu. Dua kali dia muter, yang ketiganya temannya jalan kaki kayak orang biasa menggunakan helm dan jaket,” ujar Hasan saat dikonfirmasi Kamis (22/4/2021).

“Duduk sebentar di motor, celingak-celinguk kemudian dia mengeluarkan kunci, lalu dia mundurin motor terus jalan. Jadi temannya ngawal dia dari belakang,” lanjutnya.

Sebelumnya, pencurian yang sama juga terjadi di Jalan Pinang Gang 2 RT 004/ RW 05, Lagoa, Koja, Jakarta Utara pada Senin (19/4/2021). Pemilik motor, Edwin Toni (45) mengatakan dua pelaku yang terekam CCTV menggasak motor miliknya.

“Saya kunci stang dan lubang kunci pun ditutup. Tapi jam 11.00 WIB, pas istri mau ke pasar, dia melihat motor sudah enggak ada," ujar Edwin.

Dikatakan Erwin, para pelaku mengambil motol dalam hitungan detik. Dirinyapun sangat resah, saat mengetahui motor miliknya tersebut sudah hilang.

“Kalau begini resah juga kan, jadi merasa nggak aman. Udah diantisipasi, tapi tetap aja hilang. Semoga bisa ketemu lagi motornya,” ucap Erwin yang sudah melapor ke Polsek Koja.

Yang terakhir, pencurian motor juga terjadi Jalan Kebon Bawang IX RT 15 RW 01, Kebon Bawang, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (19/4/2021) sekira pukul 15.30 WIB juga ada kehilangan motor Honda Beat.

Ketua RT 15 RW 01 Kebon Bawang, Nur Hasan mengatakan motor milik seorang warga itu hilang dibawa dua pelaku yang aksinya terekam CCTV saat masih banyak orang.

Menurut Hasan, pelaku mengincar motor yang terparkir di pinggir jalan. Padahal saat itu situasi di sekitar lokasi cukup ramai namun tidak ada yang sadar sedang terjadi aksi pencurian.

“Awalnya warga rame-rame gitu, kirain ada apaan. Ternyata motor hilang. Ketahuannya pas motor hilang, pas banyak anak anak yang lagi main di luar rumah. Tadi malem di gang sebelah juga ada yang hilang, motornya Beat juga,” ujar Hasan.

Terkait maraknya curanmor, Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Pol Guruh Arif Darmawan mengatakan bahwa pihaknya telah mendalami dan juga mengidentifikasi para pelaku.

"Baru kita tangkep juga yang kemarin viral masuk cctv itu dan nanti akan kami ungkap," Tuturnya. Mengantisi adanya pencurian motor, Guruh berharap masyarakat turut aktif dan lebih waspada.

"Kami mengimbau supaya lebih waspada, Kunci ganda dan parkir di tempat yg mudah diawasi," Pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini