Ketika Habib Rizieq Murka di Persidangan Sambil Tunjuk-Tunjuk JPU

Okto Rizki Alpino, Sindonews · Kamis 22 April 2021 16:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 22 338 2399123 ketika-habib-rizieq-murka-di-persidangan-sambil-tunjuk-tunjuk-jpu-7h5pnVxsgt.jpg Habib Rizieq Shihab (Foto : Sindo)

JAKARTA - Habib Rizieq Shihab terlibat perseteruan dengan Jaksa Penuntut Umum (JPU) dalam sidang kasus karantina kesehatan di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Kamis (22/4/2021).

Saat itu, Habib Rizieq menujuk-nujuk JPU seraya menghardik karena telah memidanakan kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Murkanya mantan pentolan FPI ini bermula saat Habib Rizieq memberikan pertanyaan kepada saksi Kasatpol PP DKI Jakarta, Arifin soal ada tidaknya perkara pelanggaran prokes yang masuk ke persidangan.

"Di antara pelanggaran Prokes itu ada tidak yang dibawa ke Pengadilan seperti perkara Petamburan," tanya Rizieq dalam persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Timur.

Baca juga:  Jadi Saksi di Sidang Habib Rizieq, Wagub DKI Akui Belum Terima Undangan

Kemudian pimpinan Sat Pol PP DKI Jakarta ini menjawab, bahwa seluruh pelanggaran protokol kesehatan harus ditindak sesuai aturan. Mendengar jawaban itu, Habib Rizieq mempertegas pertanyaannya, sambil mengulang apakah semua pelanggaran prokes telah ditindak.

"Berarti semua pelanggaran Prokes yang lain kena sanksi?" tanya Habib Rizeq.

Baca juga:  Ini Penjelasan Habib Rizieq Tolak Sebarkan Hasil Tes Swab

Kemudian terjadi perdebatan, jaksa menilai pertanyaan itu dilakukan Habib Rizieq Shihab hanya untuk menggiring para saksi.

"Izin Majelis kami keberatan terdakwa telah mengarahkan atau menggiring dari saksi," kata jaksa.

Lalu Habib Rizeq Shihab pun menolak tuduhan tersebut. Kemudian dia meminta jaksa untuk menjelaskan bentuk penggiringan dari pertanyaan yang dilontarkannya. Masih tak terima jaksa tetap mempertahankan argumennya dengan pandangan bahwa Habib Rizieq Shihab sudah menggiring jawaban saksi.

"Ini menggiring. Ini sudah penggiringan," kata jaksa.

Tak diduga mantan pentolan FPI itu pun bangkit dari kursi dan menujuk jaksa dan menyinggung soal pidana Maulid Nabi Muhammad SAW.

"Anda mempidanakan Maulid Nabi, itu yang Anda khawatirkan. Anda khawatir, Anda ketakutan. Jangan Maulid Nabi Anda pidanakan, tidak ada prokes lain yang dipindanakan di Pengadilan. Anda yang sudah mempidanakan Maulid Nabi," kata Habib Rizieq.

Beruntung perdebatan itu tak berlangsung lama. Akhirnya perdebatan antara Habib Rizieq dan jaksa dihentikan oleh majelis hakim. Kedua belah pihak diminta untuk menenangkan diri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini