Jakarta Hujan Deras, Cipinang Melayu Terendam Banjir

Okto Rizki Alpino, Sindonews · Rabu 28 April 2021 21:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 28 338 2402458 jakarta-hujan-deras-cipinang-melayu-terendam-banjir-BfHxr31exM.jpg Foto: MNC Portal

JAKARTA - Hujan deras yang mengguyur wilayah Jakarta dan sekitarnya menyebabkan banjir di permukiman warga RT 02/04 dan RT 04/04, Kecamatan Makasar, Kelurahan Cipinang Melayu, Jakarta Timur, Rabu (28/4/2021).

(Baca juga: Jakarta Diguyur Hujan Lebat, Waspada Banjir!)

Air mulai masuk ke permukiman warga menjelang buka puasa. Aldi warga sekitar mengatakan, banjir terjadi akibat meluapnya kali Sunter yang berada di belakang permukiman warga. Banjir kali ini diduga merupakan kiriman dari wilayah hulu.

"Air masuk dari tadi setelah buka puasa pas waktu Magrib. Biasanya kalau banjir gini itu air kiriman," kata Aldi di Cipinang Melayu, Rabu (28/4/2021).

(Baca juga: Duh! Sugiyono Terlilit Utang Rp1,5 Triliun Gara-Gara Semut Rangrang)

Menurut dia, banjir pada tahun ini sudah terjadi sebanyak 5 kali dalam kurun waktu 2021. Dikatakan Aldi, Cipinang Melayu sendiri merupakan kawasan langganan banjir. "Kalau banjir di sini emang sering, tahun ini udah lima kali. Malam ini jadi pengalaman pertama banjir di bulan Ramadhan," ujarnya.

Ketinggian air yang merendam permukiman warga sambung dia, bervariatif. Paling tinggi, lanjut dia berada di wilayah RT 04 yang mencapai satu meter. Penyebabnya karena wilayah tersebut merupakan datar rendah dan dekat dengan kali. "Kalau di RT 02 sedengkul orang dewasa sekitar 80 sentimeter, di RT 4 bisa sampai 1 meter," ungkapnya.

Aldi menambahkan, sebagian warga yang rumahnya terendam banjir sebagian mulai mengungsi ke masjid. Mereka sementara mengungsi karena tidak memiliki ruangan tingkat.

"Air naiknya setiap malam terus. Sekarang kita mau enggak mau ada yang ngungsi ke masjid itu yang rumahnya udah kemasukan air," terangnya.

 Saat ini agar air dapat surut petugas Damkar Jakarta Timur tengah melakukan penyedotan. Sebanyak 7 mobil pompa dikerahkan ke lokasi. "Harapannya semoga cepet surut, biar bisa sahur. Jadi enggak terganggu sama air yang masuk ke dalam rumah," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini