Dua Pekan Jelang Lebaran, Stasiun Gambir Dipadati Penumpang Kereta Jarak Jauh

Muhammad Refi Sandi, MNC Media · Jum'at 30 April 2021 20:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 30 338 2403716 dua-pekan-jelang-lebaran-stasiun-gambir-dipadati-penumpang-kereta-jarak-jauh-DP7UzzWKL3.jpg Suasana Stasiun Gambir jelang mudik Lebaran (Foto: Refi Sandi)

JAKARTA - Stasiun Gambir dipadati penumpang kereta api jarak jauh dua pekan menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah, atau Lebaran 2021. Para penumpang didominasi tujuan Bandung, Malang, dan Surabaya.

Berdasarkan pantauan MNC Portal dilokasi pada Jumat (30/4/2021), ruang tunggu dipadati calon penumpang. Terlihat para penumpang membawa tas jinjing, kardus, bahkan ada yang membawa koper.

Sementara itu, calon penumpang tetap mematuhi persyaratan perjalanan orang pada masa menjelang mudik ini dengan hasil tes bebas covid-19 RT-PCR dan Antigen untuk persyaratan naik Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) hanya berlaku 1x24 jam. Selain itu, hasil negatif GeNose C19 masa berlaku tetap 1x24 jam.

Aturan ini berlaku untuk keberangkatan mulai 24 April sd 5 Mei 2021 dan 18 Mei sd 24 Mei 2021. Ketentuan ini tertuang dalam Addendum Surat Edaran (SE) Satgas Covid-19 nomor 13 tahun 2021.

Baca juga: Jelang Larangan Mudik, Belum Ada Lonjakan Penumpang Kereta di Stasiun Gambir-Pasar Senen

Namun, penumpang berdalih melakukan pra mudik lebih dulu sebelum larangan tanggal 6-17 Mei 2021 dengan alasan hanya menghabiskan waktu libur akhir pekan dan keperluan pekerjaan.

Baca juga: Rakor Lintas Sektoral Jelang Idul Fitri, Kapolri: Keselamatan Rakyat Hukum Tertinggi

"Nggak, saya nggak mudik, saya hanya menghabiskan waktu akhir pekan untuk bertemu keluarga di Bandung. Senin saya kembali untuk bekerja," ucap Agung (28) saat diwawancarai MNC Portal.

Berbeda dengan Agung, salah satu penumpang berdalih untuk keperluan pekerjaan. "Saya berangkat ke Surabaya untuk keperluan pekerjaan (sambil menunjukkan surat tugasnya)," ujar Raka (35).

Sementara itu, salah satu penumpang mengakui mudik lebih awal sebelum pelarangan mudik diaktifkan. "Ya saya mudik lebih awal tuk hindari pelarangan tanggal 6-17 Mei nanti" terang salah satu penumpang yang enggan disebut identitasnya.

Sebelum berita ini diturunkan MNC Portal berusaha mengkonfirmasi Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta, Eva Chairunisa. Namun, hingga saat ini belum ada jawaban.

(fkh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini