Jelang Larangan Mudik, Stasiun Senen Dipadati Pemudik Tujuan Jawa

Carlos Roy Fajarta, · Jum'at 30 April 2021 21:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 30 338 2403740 jelang-larangan-mudik-stasiun-senen-dipadati-pemudik-tujuan-jawa-yFUSxXtct0.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Larangan mudik yang ditetapkan pemerintah pada 6-17 Mei 2021 serta pengetatan larangan mudik pada 22 April-22 Mei 2021 tidak menyurutkan semangat sejumlah warga yang hendak pulang mudik ke kampung halamannya.

Seperti di Stasiun Kereta Senen Jakarta Pusat contohnya. Pada Jumat (30/4/2021) sore stasiun ini terpantau ramai dengan pemudik warga Jakarta dan sekitarnya yang hendak mudik menggunakan KA dengan tujuan Jawa.

Menurut hasil pengamatan MNC Portal Indonesia di lokasi, tampak sejumlah penumpang duduk di bangku dan lantai peron menunggu jadwal keberangkatan kereta yang sudah mereka miliki tiketnya.

Selain itu, di salah satu sudut Stasiun Kereta, jumlah calon penumpang yang hendak melakukan tes Genose Covid-19 juga tampak padat oleh antrian calon penumpang KA.

Kusni (64) warga Cilandak Barat mengaku dirinya hendak mudik ke Cilacap Jawa Tengah.

"Mau mudik ke Cilacap. Beli tiket sudah setengah bulan lalu. Bapak mau lebaran sama anak dan cucu di kampung halaman. Iya sengaja mudik sebelum ada larangan mudik," ujar Kusni.

Sementara itu, calon penumpang KA lainnya Endang Susilawati (35) yang juga warga Bekasi mengaku sengaja berangkat di penghujung bulan April karena mengetahui pada 6 Mei larangan mudik oleh pemerintah semakin ketat peraturannya.

"Mau mudik ke Kebumen. Sudah beli tiket sejak 15 April. Rencananya kumpul sama keluarga di kampung halaman. Sama kakak dan keponakan lima orang,' kata Endang Susilawati.

Nandar (45) warga Depok yang sedang berada di Stasiun Kereta Senen Jakarta Pusat juga mengaku menemani anggota keluarganya yang akan berangkat mudik lebih awal.

"Kita mau mudik ke Kebumen. Udah beli tiket seminggu yang lalu. Ini yang berangkat ada 3 anggota keluarga, saya nanti nyusul karena saya masih masuk kerja," kata Nandar.

Berbeda dengan yang lainnya, salah satu warga Isti (42) mengaku baru pulang sebagai TKI dari Malaysia. Ia mengaku hendak merayakan Idul Fitri bersama sanak saudara di Pekalongan, Jawa Tengah dengan menggunakan mobil travel.

"Tujuan Pekalongan. Nanti ada keluarga datang menjemput. Naik travel rencananya. Saya baru pulang dari Malaysia," kata Isti.

(fkh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini