Kota Bogor Tetapkan Ganjil-Genap Hari Ini, Ini 5 Cek Poinnya

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Sabtu 01 Mei 2021 04:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 01 338 2403768 kota-bogor-tetapkan-ganjil-genap-hari-ini-ini-5-cek-poinnya-na8HgmJWUr.jpg Wali Kota Bogor, Bima Arya (Foto: Okezone/Putra)

BOGOR - Sebanyak 5 pos check point akan disiapkan selama aturan ganjil genap di seputaran Sistem Satu Arah (SSA) atau Kebun Raya Bogor pada akhir pekan ini. Jika angka pada plat nomor kendaraan tidak sesuai dengan tanggalnya akan diputarbalik.

Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Susatyo mengatakan kelima check point yakni Tugu Kujang, Simpang Denpom, Simpang Muslihat, Simpang Empang dan Simpang RS Siloam. Ganjil genap hanya diberlakukan mulai pukul 15.30 WIB-pukul 17.30 WIB.

"Tentunya dua jam ini kami ambil supaya masyarakat Bogor juga sadar bahwa angka ini mulai meningkat. Di setiap kecamatan ada pusat peerbelanjaan, ada pusat kuliner, jadi nggak harus cross. Untuk masa-masa ini prihatin dulu, tetap kita mengurangi mobilitas hingga pusat-pusat keramaian tidak terpusat hanya di seputaran SSA saja. Tapi semua ekonomi juga akan hidup di sekitaran atau di pinggir-pinggir kota," kata Susatyo, Jumat (30/4/2021).

Kemudian, pihaknya juga akan mengantisipasi ruas jalan lainnya yang terkena dampak dari ganjil genap di seputaran SSA. Akan ada personel gabungan yang ditempatkan di lokasi untuk mengatur lalu lintas.

"Tentunya kita akan mengantisipasi, buangan arus, memudian juga penyekatan. Apakah nanyi panjang ekor kemacetan, tentu kita akan ukur. Kami siapkan setiap titik itu gabungan, dari TNI-Polri dan Dishub, juga Satpol PP untuk selain menyekat juga untuk menjaga dampak dari penyekatan," ungkapnya.

Di sisi lain, tidak menutup kemungkinan aturan ganjil genap ini juga akan diberlakukan di ruas jalan lainnya. Tetapi, semua tergantung sesuai kebutuhan.

"Kita pertimbangkan, karena ini menjadi bagian Crowd Free Road. Bisa juga nanti ruas jalan lain yang sesuai kebutuhan. Misal, ruas jalan Lajajaran, berarti nanti dari Jambu Dua sampai ke Ekalokasai. Itu bisa kita lakukan. Nah tapi saat ini kami fokus untuk SSA, kita lihat nanti perkembangannya," tutup Susatyo.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini