May Day, Area Polda Metro Jaya Dipasangi Kawat Berduri Antisipasi Demo Buruh

Raka Dwi Novianto, Sindonews · Sabtu 01 Mei 2021 10:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 01 338 2403885 may-day-area-polda-metro-jaya-dipasangi-kawat-berduri-antisipasi-demo-buruh-kQ1MFMCqR9.jpg Polisi memasang kawat berduri di area Polda Metro Jaya. (Foto: IG @humasbrimobpmj)

JAKARTA - Mengantisipasi adanya kegiatan demo Hari Buruh Internasional atau May Day yang jatuh pada hari ini, Sabtu 1 Mei 2021, beberapa tempat mendapatkan pengamanan ekstra, salah satunya di Polda Metro Jaya.

Dalam foto yang dibagikan akun Instagram @humasbrimobpmj, nampak polisi saling bahu membahu untuk mendirikan kawat berduri di area Polda Metro Jaya.

"Pemasangan security barrier atau kawat berduri di beberapa titik di Jakarta guna mengantisipasi kegiatan peringatan Hari Buruh Internasional yang terfokus di wilayah hukum Polda Metro Jaya," tulis admin akun tersebut, Sabtu.

Baca juga: May Day 2021, Jokowi: Para Buruh Adalah Aset Besar Bangsa

Sebelumnya, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal menyampaikan, peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) yang jatuh pada 1 Mei 2021 akan diikuti oleh berbagai elemen buruh. Termasuk di dalamnya KSPI yang juga akan melakukan aksi pada tanggal tersebut.

Khusus dari KSPI, kata Said Iqbal, peringatan May Day kali ini akan diikuti sekurang-kurangnya 50.000 buruh, di 3.000 perusahaan atau pabrik, 200 kabupaten dan kota, dan 24 provinsi. Sedangkan, di Jakarta aksi akan dipusatkan di Istana dan Mahkamah Konstitusi (MK).

Baca juga: May Day, Polisi Siapkan Pengalihan Arus Lalin di Sekitar Monas

“Ada dua isu utama yang akan kami usung dalam May Day tahun ini,” ujar Said Iqbal di Jakarta, Jumat (30/4/2021).

Isu pertama batalkan UU Cipta Kerja (Ciptaker), sedangkan yang kedua adalah berlakukan UMSK 2021. Sebagaimana diketahui, saat ini KSPI sedang melakukan uji formil dan uji materiil terhadap omnibus law UU Cipta Kerja.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini