Tak Kantongi Izin, 15 Mahasiswa Papua Diamankan Saat Demo Kedubes AS

Abdullah M Surjaya, Koran SI · Sabtu 01 Mei 2021 15:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 01 338 2403998 tak-kantongi-izin-15-mahasiswa-papua-diamankan-saat-demo-kedubes-as-ZlI97CtifI.jpg Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus (Foto: Okezone)

JAKARTA Polda Metro Jaya mengamankan 15 orang mahasiswa asal Papua yang berunjuk rasa di gedung Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serikat di Jakarta lantaran tidak mengantongi izin melakukan unjuk rasa di hari buruh Internasional atau May Day.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus membenarkan, sebanyak 15 orang diamankan saat akan melakukan unjuk rasa di Kedubes AS tersebut.

”Sekali lagi bukan ditangkap, tapi diamankan dan dibawa ke Polda Metro Jaya,” kata Yusri dalam keterangan video, Sabtu (1/5/2021).

Seharusnya, kata dia, pihak yang bersangkutan memberitahukan kepada kepolisian bahwa akan ada kegiatan penyampaian pendapat di muka umum.

Baca juga: May Day, Area Polda Metro Jaya Dipasangi Kawat Berduri Antisipasi Demo Buruh

Saat ini, kata dia, 15 orang itu dibawa ke kantor untuk diedukasi tentang aturan bagaimana bila ingin menggelar unjuk rasa. Setelah itu, kata dia, para mahasiswa itu baru akan dipulangkan.

”Setelah kami edukasi, dan di data, baru kami pulangkan, bukan ditangkap tapi diamankan,” tegasnya.

Baca juga: Cara Kapolda Jateng Menjamin Masa Depan Pelajar Asli Papua di Jawa Tengah

(fkh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini