Kemarin, Pengunjung Pasar Tanah Abang Nyaris Tembus 200 Persen dari Kapasitas

Erfan Maaruf, iNews · Minggu 02 Mei 2021 15:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 02 338 2404339 kemarin-pengunjung-pasar-tanah-abang-nyaris-tembus-200-persen-dari-kapasitas-oH3jcKcsQU.jpg Pengunjung Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat (Foto: Erfan Maaruf)

JAKARTA - Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Marullah Matali menuturkan pengunjung di Pusat Grosir Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, pada Sabtu 1 Mei 2021 melebihi kapasitas tempat. Bahkan, kelebihan pengunjung itu hampir mencapai 200 persen.

Dia mengatakan, angka 200 persen itu didapatkan dari data yang diberikan oleh Direktur Utama (Dirut) Pasar Jaya Arief Nasrudin.

"Informasi yang kami dapat dari Direktur Pasar Jaya bahwa kasus yang kemarin Sabtu saja sudah hampir 200 persen dari kapasitas Pasar Tanah Abang," kata Marullah di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Minggu (2/5/2021).

Baca Juga: Urai Kepadatan Pasar Tanah Abang, Anies Baswedan Terjunkan 2500 Personel Gabungan

Marullah menyebut, pihak ya sama sekali tidak melarang masyarakat untuk berbelanja. Akan tetapi, yang harus diutamakan adalah kesehatan.

"Kita sampaikan kepada masyarakat bahwa yang paling utama adalah menjaga kesehatan. Kalau masih mungkin belanja di pasar dengan kerumunan yang terbatas silakan. Tapi kalau tidak memungkinkan, enggak bisa dijaga kerumunannya dengan, ya terpaksa belanjanya ditunda dulu," tuturnya.

Di kesempatan yang sama, Kapolres Jakarta Pusat Kombes Pol Hengki Haryadi menjelaskan, sebanyak 1.000 personel TNI-Polri, dan jajaran Pemprov DKI disiagakan untuk melakukan pengetatan protokol kesehatan di sekitar Kawasan Tanah Abang. Adapun para personel itu juga disebar ke tiga titik, yakni Pasar Tanah Abang, Stasiun Tanah Abang, dan Thamrin City.

"Jumlah personel seluruhnya itu ada 1.000 personel, baik itu dari Pemprov, TNI, dan Polri," papar Hengki.

Baca Juga: Anies: Kemarin 87 Ribu Orang Datang ke Pasar Tanah Abang

Diberitakan sebelumnya, memasuki pekan ketiga Ramadan, Kawasan Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat kian ramai dipadati pengunjung. Sayangnya, para pengunjung ini sepertinya tidak mengindahkan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19 ini.

Dalam foto yang diunggah akun Instagram @jktinfo terlihat hiruk pikuk masyarakat yang mondar-mandir mencari barang yang diinginkan di Pasar Tanah Abang. Jalan pun semakin sempit karena menumpuknya parkiran motor dan pedagang PKL di sepanjang jalan sehingga menyebabkan kemacetan.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini