Pemudik dari Bandara Halim Sengaja Mudik Sebelum 6 Mei

Jonathan Nalom, MNC Media · Minggu 02 Mei 2021 15:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 02 338 2404344 pemudik-dari-bandara-halim-sengaja-mudik-sebelum-tanggal-6-mei-OYX2QkXAgT.jpg Bandara Halim Perdanakesuma (Foto : MPI/Jonathan)

JAKARTA - Pemudik pengguna pesawat mulai terlihat di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Minggu (2/5/2021). Sebagian dari pemudik mengaku memilih mudik lebih awal sebelum dilarang.

"Mau mudik ke Surabaya, sengaja memilih tanggal sebelum tanggal 6 Mei, pelarangan mudik itu," kata Ela salah satu pengguna pesawat untuk mudik.

Ia berani mudik sebab ingin bertemu dengan keluarga dan menjalin tali silaturahmi. Selain itu, yang memantapkannya adalah bahwa dia sudah tidak mempunyai agenda lain di Jakarta.

"Berani, soalnya kalau di rumah (Surabaya) kan kumpul keluarga, kalau di Jakarta enggak tahu juga mau ngapain sih," tuturnya.

Ela juga menjelaskan keputusannya untuk pulang mudik dikarenakan perusahaan telah memberikannya cuti libur. Meskipun perusahaan tempat ia bekerja tidak menganjurkannya untuk mudik.

"Sudah dikasih libur, terus sudah izin perusahaan juga ntar kerjanya setelah tanggal itu (pelarangan usai)," lanjutya

Baca Juga : Kucing-kucingan Warga dan Petugas, Agar Mudik Bisa Lolos dari Pemeriksaan

Dirinya mengaku tidak mengetahui tentang perbedaan tarif tiket pesawat. Hal ini karena pada Lebaran tahun lalu ia sudah melakukan mudik jauh sebelum masa mudik datang. Namun, menurutnya harga tiket untuk perjalanan ke Surabaya tidak mengalami kenaikan dan masih terjangkau

"Kalau tahun lalu nggak tahu karena sudah di rumah duluan, tapi kayaknya kalo tahun ini enggak meledak. Masih kejangkau," kata Ela.

Dikatakannya, di Bandara Halim Perdana Kusuma hanya memeriksa atau menunjukkan hasil tes antigen dan E-Hac. "Pegang surat izin cuti kalau dari kantor sih, kalau dari Bandara Halim Perdanakusuma setahu saya hanya ngasih liat surat antigen dan e-Hac, kalau SIKM belum" ujarnya.

Baca Juga : Kucing-kucingan Warga dan Petugas, Agar Mudik Bisa Lolos dari Pemeriksaan

Sebelumnya Executive General Manager Bandara Halim Perdanakusuma, Nandang Sukarna mengatakan bahwa jelang larangan mudik, penumpang di Bandara Halim Perdanakusuma mengalami kenaikan walaupun tidak signifikan.

Adapun walau jumlah penumpang mengalami kenaikan, Nandang mengaku bahwa sebagian besar penumpang telah mengetahui syarat-syarat perjalanan.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini