670 Personel Gabungan Dikerahkan Antisipasi Kerumunan di Pasar Tanah Abang

Komaruddin Bagja, Sindonews · Senin 03 Mei 2021 09:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 03 338 2404575 670-personel-gabungan-dikerahkan-antisipasi-kerumuhan-di-pasar-tanah-abang-e15Gc0mWQH.jpg Pengunjung Pasar Tanah Abang membludak (Foto : MPI/Erfan)

JAKARTA - Sebanyak 670 personel gabungan dikerahkan untuk mengantisipasi kerumunan jelang Hari Raya Idul Fitri di kawasan Pasar Tanah Abang.

Kapolsek Metro Tanah Abang AKBP Singgih Hermawan menjelaskan, beberapa titik rawan kerumunan itu terjadi di Pasar Blok A, B, F, G dan Skybridge Tanah Abang beserta Stasiunnya.

"Petugas gabungan tiga pilar yang terdiri atas TNI, Polisi dan Satpol PP jumlahnya 670-an orang," ujar Singgih saat dihubungi Sindonews, Senin (3/5/2021).

Ia menambahkan, personel gabungan itu juga disebar di setiap pintu masuk untuk mengawasi protokol kesehatan (prokes).

"A, B, F, G itu lima tapi satu ploting di Pasar Grosir di atas. Personel ada di setiap pintu masuk ada 17 pintu masuk itu akan ada pengamanan dari tiga pilar. Untuk mengecek prokes suhu dan penggunaan masker dengan benar karena kita lihat kadang dia pakai masker cuma tidak benar makainya," tuturnya.

Selain ratusan personel, pihaknya membuat tiga posko untuk memudahkan koordinasi pengawasan antisipasi kerumunan.

Baca Juga : Hindari Kerumunan di Pasar Tanah Abang, Anies Sarankan Warga Belanja Online

"Kami koordinasi dengan pihak pasar terkait jumlah pengunjung yang sudah masuk. Ada tiga posko, 17 pintu diisi tiga pilar plus tiga posko. Posko yang depan pasar blok B, pasar blok A dan di hall pasar blok B. Pasar blok B inilah yang viral kemarin karena dia adanya hall jadi orang ketemu di situ. Makanya ada posko tiga pilar di situ dan ada sound systemnya juga untuk memberikan imbauan maupun membatasi orang berkerumun," ucapnya.

Petugas masing-masing posko akan patroli jalan kaki dan memberikan imbauan kepada warga untuk tetap waspada dan menjaga jarak.

"Petugas di dalam tugasnya patroli jalan kaki. Kalau agak ramai atau ada kerumunan bisa ditegur agar tidak berkerumun. Sehingga sentra ekonomi kita bisa berjalan," tuturnya.

Adapun PD Pasar Jaya bertugas memonitor jumlah pengunjung yang datang ke dalam area pasar. Apabila melebihi kapasitas, Tim Tiga Pilar langsung mendorong mundur pengunjung agar tidak terjadi kerumunan.

Baca Juga : Anies: Mulai Hari Ini Pengendalian Pengunjung di Seluruh Pasar Diperketat!

"Nanti itu dari pasar yang tahu batasan kapasitas pengunjung. Tugas kami membantu PD Pasar Jaya termasuk memberikan imbauan prokes kalau memang ramai kita dorong ke luar sehingga tidak terjadi penumpukan. Imbauan pedagang dan pengunjung tetap patuhi prokes 3M," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini