Sebabkan Cluster Covid-19, Pemkot Tangerang Larang Warganya Bukber Puasa Ramadan

Hasan Kurniawan, Okezone · Selasa 04 Mei 2021 22:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 04 338 2405664 sebabkan-cluster-covid-19-pemkot-tangerang-larang-warganya-bukber-puasa-ramadan-WuqiE5h37N.JPG Kadinkes Kota Tangerang, Liza Puspadewi (Foto: MPI/Hasan)

TANGERANG - Pihak pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang, resmi melarang warganya melakukan acara buka puasa bersama (bersama) di restoran dan cafe.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang, dr Liza Puspadewi. Menurutnya, terjadinya banyak kerumunan akibat bukber puasa Ramadan, rawan cluster baru Covid-19.

"Kasus penyebaran Covid-19, masih belum menunjukkan perubahan, ke arah yang lebih baik di Indonesia. Situasi ini sebaiknya tidak disikapi dengan gegabah," katanya, Selasa (4/5/2021).

Banyaknya kerumunan lokal di restoran, pusat perbelanjaan, hingga rumah, akibat antusiasme warga bukber puasa Ramadan dan menjalin tali silaturahmi.

"Betul, acara bukber memang salah satu aktivitas positif untuk silahturahmi dengan kerabat. Tetapi tidak di tengah pandemi Covid-19. Karena efeknya akan bahaya dan berkepanjangan," paparnya.

Liza pun mewanti-wanti terjadinya kasus baru Covid-19 di Kota Tangerang. Apalagi, kota ini belum benar-benar pulih dan terbebas dari pandemi Covid-19.

"Masyarakat Kota Tangerang jangan nekat bukber di tengah pandemi. Kita harus terus berhati-hati. Bukber bisa menjadi faktor penyebab kenaikan kasus Covid-19 di Kota Tangerang," jelasnya.

Penularan Covid-19 pada cluster bukber, jelas Liza, tidak serta merta. Tetapi membutuhkan proses selama empat hari kemudian atau sekira 14 hari kedepan.

"Kejadian terburuk, virus yang kita bawa, kita tularkan ke orang tua kita. Mereka punya komorbit, dan terburuk hingga adanya kematian. Ingat, angka kematian tertinggi adalah lansia," sambungnya.

Adapun, dasar larangan bukber itu ada dalam Surat Edaran Kemendagri Nomor : 800/2784/SJ tentang Pelarangan Kegiatan Buka Bersama di Bulan Ramadan dan Open House atau Halal Bi Halal pada Hari Raya Idul Fitri 1442 H.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini