2 Warga Tangsel Terpapar Covid India, Kapuskesmas Klaim Sudah Sembuh

Hambali, Okezone · Kamis 06 Mei 2021 19:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 06 338 2406731 2-warga-tangsel-terpapar-covid-india-kapuskesmas-klaim-sudah-sembuh-e316T9eHlr.jpg Foto: Illustrasi Shutterstock

TANGSEL - Dua warga Kota Tangerang Selatan (Tangsel) sempat terpapar virus Corona varian baru B1617 Strain India. Dari tracing yang dilakukan diketahui, jika pasangan suami-isteri itu tertular dari kontak fisik saat bertemu anaknya yang tinggal di Jakarta.

Warga Tangsel yang tertular Covid B1617 Strain India tinggal di kawasan Pondok Jagung, Serpong Utara. Keduanya sempat menjalani perawatan di Rumah Sakit Hermina sejak tanggal 4 April 2021. Lalu sembuh dan dinyatakan negatif pada tanggal 17 April 2021.

Baca juga:  Mutasi Covid-19 Asal Inggris Masuk Tangerang, Begini Kondisi Pasien

Kepala Puskesmas Pondok Jagung, dr Rusmin membenarkan jika ada 2 orang pasangan suami-isteri yang terpapar Covid varian baru. Namun keduanya telah lama sembuh. Dia pun heran, mengapa Dinas Kesehatan Provinsi Banten baru memaparkan kasus itu di media saat ini.

"Pasien itu sudah sembuh dan sudah sehat. Saya kaget, kan itu pasien lama ngapain diungkit-ungkit lagi," katanya dikonfirmasi, Kamis (06/05/21).

Baca juga:  Kasus Impor Covid-19 Inggris Pertama Ditemukan di Tangerang

Dia menjelaskan, awal mula diketahui masuknya Covid varian baru di Pondok Jagung. Menurutnya, pada tanggal 2 Mei 2021 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghubungi melalui sambungan telepon dimana menyampaikan bahwa ada kecurigaan 2 warga terpapar Covid B1617 Strain India dari kasus di Jakarta.

"Tanggal 2 Mei hari Minggu kemarin, Dinas Kesehatan Tangsel ditelepon oleh Kemenkes, lalu diarahkan ke kami. Jadi ada kecurigaan varian India ada di wilayah kerja kami. Dasarnya adalah kontak erat dari pasien yang positif Covid Strain India di Jakarta," jelasnya.

"Kemudian dicurigai oleh Kemenkes karena CT value-nya kan dibawah 25. Kemenkes menetapkan aturan membuat protokol untuk menepis atau menscreening kemungkinan masuknya Covid Strain India," sambung dia.

Setelah dilakukan screening, pihak Kemenkes menemukan jika pasangan dokter yang berdomisili di Jakarta dinyatakan positif Covid-19 Strain India. Selanjutnya Kemenkes melakukan tracing siapa saja yang pernah menjalin kontak erat dengan pasien di Jakarta itu, termasuk meminta pengecekan kepada orang tua pasien yang tinggal di Pondok Jagung, Tangsel.

"Nah salah satu kontak eratnya itu pasangan orang tua yang ada di Pondok Jagung, itu yang ditracing kemarin yang udah sembuh ini," ungkapnya.

Pasangan suami-isteri berinisial W dan S itu tak bisa diambil sample dikarenakan kondisinya sudah sembuh. Menurut Rusmin, penulisan laporan dilakukan oleh orang dari Kemenkes, sedangkan dari Dinkes Provinsi Banten tak hadir.

"Kemarin yang kesini nulis laporan itu dari Kemenkes, dari provinsi sendiri nggak datang. Makanya saya kaget kenapa sekarang rame di berita," ucapnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten dr Ati Pramudji Hastuti menyebutkan, ada 3 kasus varian baru Covid yang masuk di Kabupaten Tangerang dan Kota Tangsel. Untuk 1 kasus di Kabupaten Tangerang terpapar B1717 Strain UK. Sedang 2 kasus yang ditemukan di Tangsel terpapar Covid B1617 Strain India.

"Ada tiga pasien yang positif varian baru. Satu kasus di Kabupaten Tangerang dan dua kasus di Tangsel," ujar Ati sebelumnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini