Gubernur Anies Targetkan 200 Ribu Pohon Tertanam di Jakarta hingga 2022

Bima Setiyadi, MNC Portal · Senin 10 Mei 2021 13:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 10 338 2408383 gubernur-anies-targetkan-200-ribu-pohon-tertanam-di-jakarta-hingga-2022-MsyuWNluPt.jpg Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan (foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menargetkan penanaman 200.000 pohon hingga 2022 mendatang. Hal itu tertuang dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 24 Tahun 2021 tentang Pengelolaan dan Perlindungan Pohon.

"Bertepatan dengan Hari Bumi, pada tanggal 22 April lalu @dkijakarta menetapkan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 24 Tahun 2021 tentang Pengelolaan dan Perlindungan Pohon, lho!⁣," tulis Pemprov DKI Jakarta melalui akun instagramnya @dkijakarta dikutip Senin (10/5/2021)

Baca juga: ⁣Sambangi Mal dan Apartemen, Wagub DKI Ariza Cek Penerapan Prokes

Berlakunya Pergub ini memperketat perlindungan terhadap pohon dan meningkatkan upaya pengelolaannya di Ibu Kota. Sebagai contoh, ketetapan ini melarang penebangan pohon kecuali untuk keperluan yang mendesak. Dan jika pohon memang terpaksa ditebang, maka pohon penggantinya harus ditanam dan tumbuh sehat terlebih dahulu.⁣

Baca juga: ⁣Berlakukan SIKM, Ikhtiar Pemprov DKI Lindungi Warga dari Penularan Covid-19

Selain itu, setiap pohon juga akan terdata secara rinci dalam sistem informasi spasial yang akan dapat diakses oleh publik secara online. Dengan demikian, semua bisa lebih mudah dalam menjaga dan merawat pohon di Jakarta. ⁣

"Mengingat pentingnya fungsi pohon, khususnya dalam penyerapan polutan, penetapan Pergub ini sejalan dengan komitmen Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menanggulangi dampak perubahan iklim dan mengurangi emisi gas rumah kaca sebanyak 30% di 2030.⁣ Yuk bersama kita jaga kelestarian pohon, dan wujudkan Jakarta sebagai kota yang semakin layak huni bagi warganya," lanjut tulisan itu.

Dalam infografik yang dibagikan, Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta, Suzi Marsitawati mengatakan, melalui kebijakan Pergub ini, penambahan 200.000 pohon dapat terpenuhi hingga 2022.

"Hal ini juga sejalan dengan apa disampaikan Gubenrur DKI Jakarta Anies Baswedan pada pertemuan daring C40 di hadapan sekertaris jenderal PBB Antonio Gutteres yang mengusulkan agar kota-kota lebih berkontribusi terhadap pengurangan emisi dan melakukan langkah adaptasi krisis iklim," pungkasnya.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini