Share

Kapolda Metro Terapkan Crowd Free Night Cegah Kerumunan Malam Takbiran

Komaruddin Bagja, Sindonews · Senin 10 Mei 2021 21:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 10 338 2408674 kapolda-metro-terapkan-crowd-free-night-cegah-kerumunan-malam-takbiran-lZawUlNHNt.jpg Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran (Foto: Sindo)

JAKARTA - Tradisi perayaan malam takbiran menjelang Idul Fitri kerap menimbulkan kerumunan. Untuk itu, di tengah pandemi Covid-19, takbiran keliling dilarang.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran mengatakan, ada dua solusi atasi kerumunan pada malam takbiran. Pihaknya pun akan melakukan langkah tersebut.

"Pertama mulai pukul 18.00-22.00 WIB akan melaksanakan filterisasi, mengingat pada malam yang sama sampai pukul 21.00 masih ada aktivitas di mal, sehingga masyarakat yang akan ke mal itu masih bisa melangsungkan kegiatan tapi bagi mereka yang akan melakukan kegiatan-kegiatan yang sifatnya mengundang kerumunan maka kita akan melakukan filterisasi," urai Fadil di Balai Kota DKI, Senin (10/5/2021).

Baca Juga:  Masyarakat Dilarang Gelar Takbir Keliling di Jakarta

Kebijakan tersebut diterapkan seiring dengan surat imbauan yang akan dikeluarkan Gubernur DKI Jakarta Anies Basweda bahwa takbir dilaksanakan secara virtual dari rumah masing-masing.

"Dan kalau di masjid atau mushola maksimal 10 persen, ini langkah kita untuk mengatisipasi adanya takbir keliling," tambahnya.

Baca Juga:  Masih Pandemi Covid-19, Pemerintah Larang Takbir Keliling Idulfitri

Kemudian, setelah pukul 22.00 WIB semua yang tidak memiliki kepentingan untuk berada di jalan akan diminta kembali ke rumah masing-masing.

"Sehingga dapat menimbulkan kerumunan akan kami minta untuk kembali ke rumah masing-masing, kita akan berlakukan konsep crowd free night jadi tidak boleh ada yang berkerumun lebih dari 5 orang tanpa bisa menjelaskan kepengingannya untuk apa," tutupnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini